Bagikan berita ini
program google melatih 100 ribu developer aplikasi Indonesia
Erica Hanson. , Developer Relations Program Manager, Southeast Asia, Google dalam pembukaan Google Launchpad Accelerator gelombang kedua 3/3/2016

HarianTI.com – Menindaklanjuti kunjungan Presiden Jokowi di markas Google untuk membantu Indonesia melatih 100.000 developer aplikasi hingga tahun 2020 mendatang, pihak Google telah menyiapkan program-program yang saat ini mulai dilaksanakan.

Bertepatan dengan diumumkannya program Google Launchpad Accelerator untuk startup lokal Indonesia Kamis, 3/3/2016 kemarin, Erica Hanson memaparkan 3 program Google melatih developer Indonesia.

Kursus Online Lewat Platform Udacity

Hal pertama yang akan Google lakukan adalah membuka kelas online melalui platform Udacity tentang bagaimana cara untuk membuat aplikasi Android. “Jadi, semua orang dapat belajar untuk membuat aplikasi Android, meski mereka tidak memiliki pengalaman,” kata Erica Hanson, Developer Relationship Program Manager Google.

Dalam kursus online Android di Udacity peserta akan diajar oleh instruktur ahli dari tim Developer Relations Google. Kursus dari Google ini dapat diakses secara gratis.

Disampaikan Hanson, tahun ini, Google tengah menerjemahkan kursus Udacity tersebut ke dalam bahasa Indonesia. “Kami juga akan melakukan dubbing pada video.”

Membuat Kurikulum Pengembangan Android

Cara kedua yang ditempuh Google adalah bekerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia untuk membuat kurikulum pengembangan Android yang akan digunakan oleh universitas selama satu semeste. Namun, tidak disebutkan universitas mana yang akan menjadi rekan Google dalam hal ini proses penyusunan kurikulum tersebut.

“Google sedang membuat sebuah kurikulum tentang Android yang berlangsung selama satu semester untuk para mahasiswa jurusan komputer,” kata Erica Hanson.

Nantinya, Google akan membawa para ahli untuk mengajarkan isi kurikulum ini pada para pengajar sehingga para guru dan dosen akan dapat mengajarkan kurikulum Android ini pada para murid mereka terkait pengembangan aplikasi Android yang berkualitas.

Membuat Grup Pelajar Indonesia Android kejar

Yang ketiga adalah membuat grup belajar yang disebut Indonesia Android Kejar. Grup belajar ini melakukan pendekatan online dan offline.

Melalui situs Indonesia Android Kejar, Google memperkenalkan dan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam grup belajar Android Kejar, baik sebagai fasilitator atau sebagai peserta. Di sini peserta akan belajar materi pemrograman untu mengembangkan aplikasi Android yang didampingi oleh mentor.

“Kami memiliki kursus online, lalu kami akan membuat grup belajar. Di sini, ada fasilitator yang akan membantu orang yang sedang belajar untuk memahami konten kursus online,” kata Hanson.

Kursus pemrograman Android ini gratis bagi yang berminat mengikutinya. Android Kejar akan berlangsung pada tanggal 28 Maret hingga 7 Mei 2016 di 5 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: