Bagikan berita ini

data jangkuan Coverage 4G LTE Advance Smartfren di JogjaJaringan internet super cepat 4G LTE Advanced Smartfren resmi menjangkau dan layani hampir 90 persen Daerah Istimewa Yogyakarta.

HarianTI.com – PT Smartfren Telecom, Tbk resmi meluncurkan jaringan internet super cepatnya 4G LTE Advanced, di Yogyakarta, Rabu 26/8/2015 dalam rangkain uji jaringan di tiga kota yakni Semarang, Yogyakarta dan Solo.

Yogyakarta menjadi kota kedua setelah Semarang yang menjadi destinasi tujuan drive test 4G LTE-A Smartfren untuk memperkenalkan layananya tersebut.

Berikut hasil uji kecepatan jaringan 4G LTE Advanced Smartfren di Jogja:

Di Yogyakarta pengujian dilakukan pada beberapa titik salah yakni Hotel Grand Hyatt di Kaliurang, SMKN 2 Yogyaakarta, Jalan Mataram, Kantor Pos Yogyakarta, Pojok Benteng Kulon dan di Kota Gede.

Dari pengujian, kecepatan download dan upload bervariasi, dan paling kecil didapat ketika melakukan pengujian di dalam ruangan atau indoor.

Saat diuji di dalam kamar Hotel Grand Hyatt, kecepatan download hanya 5,97 Mbps dan upload 1,08 Mbps. Sedangkan di luar pada area outdoor mencapai angka download  antara 20,11 hingga 20,19 Mbps dan upload antara 7,02 -7,19 Mbps.

Pada pengujian di lokaso SMKN2, kecepatan download pada area indoor menunjukkan angka 2,79 Mbps dan upload 1,43 Mbps. Angka berubah ketika posisi bergeser pada area outdoor yang mencapai 22,96 – 27,33 Mbps dan upload 0,71 – 4,60 Mbps.

Kecepatan paling tinggi 4G LTE-A Smartfren ternyata berada di Pojok Benteng Kulon dengan download 35,83 Mbps dan upload 3,37 Mbps.

Ini penjelasan Slamet Hendro Susilo Hendro Regional Network Optimisation Leader Smartfren, Jawa Tengah dan DIY alasan kenapa kecepatan 4G LTE Smartfren menjadi lemah pada lokasi indoor

Menurutnya soal turunya kecepatan internet 4G LTE Smartfren dikarenakan frekuensi yang tertangkap oleh perangkat adalah 850 MHz frequency division duplex (FDD).  Sebagai frekuensi rendah dengan kemampuan memiliki coverage yang bisa menembus gedung namun demikian kecepatan yang dihasilkannya cenderung lebih lambat dibanding 2.300 MHz time division duplex (TDD).

4G LTE -A Smartfren memang baru saja  diluncurkan kepada publik sejak pada 19 Agustus 2015 lalu di 22 kota di Indonesia. Smartfren 4G LTE-Advanced memanfaatkan teknologi LTE Radio, Time Division Duplex (TDD) di pita frekuensi 2300 MHz dan Frequency Division Duplex (FDD) pada pita 850 MHz, untuk menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan cakupan yang lebih baik.

Area jangkauan internet 4G LTE Advance Smartfren di Jogja

Disampaikan Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren, hampir semua area di Jogja sudah ter-cover 4G LTE-A Smartfren baik di dalam kota hingga di lingkar luar Jogja seperti Sleman, Bantul, Wonosari, Kulon Progo, Parangtritis, hingga ke arah utara sampai Magelang sudah terjangkau jaringan 4G LTE Smartfren.

Cakupan sinyal LTE-A Smartfren di Yogyakarta dan Jawa Tengah termasuk paling luas dan kuat dibandingkan operator lain berdasar data Open Signal. Selain di Yogyakarta, sinyal LTE Smartfren sudah sampai ke Wates, Kebumen, Purwokerto, Temanggung dan Kutoarjo.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: