Bagikan berita ini

Cyber Defence Competition CDC 2015 dari KemhanHarianTI.com – Cyber Defence Competition (CDC) 2015 dari Kementerian Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia (Kemhan) kembali diselenggarakan tahun ini dengan tema Pemanfaatan Teknologi Informasi , komunikasi Dunia Maya (Cyber) dalam Rangka Sistem Pertahanan Negara.

Cyber Defense Competition 2015 merupakan event kompetisi ethical hacking dan sistem pertahanan keamanan jaringan komputer secara online dan offline tingkat nasional yang akan diadakan di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta 22-23 April 2015 mendatang.

Seperti event tahun lalu, kompetisi Cyber Defense Competition 2015 kali ini diadakan bertujuan sebagai wadah positif untuk menggali dan mencari SDM yang memiliki keahlian keamanan cyber, membangun jejaring cyber serta membangun potensi pertahanan siber.

Untuk tahun ini ajang CDC 2015 dari Kemhan ini terbuka untuk kalangan umum dan pelajar se-Indonesia untuk dapat berpartisipasi.

Syarat untuk mengikuti kompetisi Cyber Defense Competition 2015 adalah berusia minimal 18 tahun (kategori umum) atau 13 tahun (kategori pelajar) pada 12 Februari 2015 mendatang.

Peserta yang akan mengikuti kompetisi ini diwajibkan membentuk tim yang terdiri dari 3-5 orang dalm satu tim dan mewakili satu wilayah kompetisi.

Ada empat bagian tes yang akan diujikan dalam kompetisi Cyber Defense Competition 2014 ini yakni:

  1. Forensic, menguji kemampuan tim di dalam menangani dan menemukan bukti-bukti terjadinya serangan terhadap sistem yang dikelolanya.
  2. Penetration Test, menguji kemampuan tim di dalam mencari dan menemukan celah keamanan pada sistem yang dikelolanya
  3. Computer Network Defence (CND), menguji kemampuan tim di dalam mempersiapkan sistem agar aman dan dapat mengamati, mencegah dan mempertahankan sistem yang dikelolanya dari setiap serangan
  4. Capture The Flag (CTF), menguji kemampuan tim di dalam upaya menembus perimeter keamanan sistem lawan dan menemukan data yang dilindungi.

Tanggal Penting Cyber Defence Competition 2015 Kemhan

6-30 Maret 2015 Pendaftaran
6-10 April 2015 Babak Penyisihan (kompetisi online)
22-23 April 2015 Babak final (kompetisi offline)

Pelaksanaan kompetisi ini dibagi ke dalam 5 wilayah yakni:

1. Wilayah I meliputi seluruh Provinsi di Sumatera
2. Wilayah II meliputi seluruh Provinsi di Jawa dan Madura
3. Wilayah III meliputi seluruh Provinsi di Bali, Nusa Tenggara dan Timor
4. Wilayah IV meliputi seluruh Provinsi di Kalimantan dan Sulawesi
5. Wilayah V meliputi seluruh Provinsi di Maluku dan Papua

Hingga informasi ini dimuat, sudah terdaftar sebanyak 9 tim yang lolos dalam tahap seleksi administrasi CDC 2015 secara online (dan akan terus bertambah).

Punya kemampuan pertahanan cyber atau hacking ? Ayo daftar dan ikuti kompetisi Cyber Defence Competition 2015 di cdc.kemhan.go.id.

Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan dapat menghubungi kontak di bawah ini

Pertanyaan umum: info@cdc.kemhan.go.id
Pertanyaan teknis: teknis@cdc.kemhan.go.id
Pertanyaan pendaftaran: registrasi@cdc.kemhan.go.id

 

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: