Bagikan berita ini

 

Cyber Jawara 2015 IDSIRTII Kompetisi keamanan siber tingkat nasionalHarianTI.com – Setelah sebelumnya sempat menggelar Cyber Defence Competition 2015, tampaknya IDSIRTII tak bosan-bosannya mengadakan kompetisi keamanan siber. Kali ini, IDSIRTII kembali mengadakan kompetisi serupa dengan nama Cyber Jawara 2015.

Cyber Jawara 2015 ini diselenggarakan bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian mengenai keamanan, menignkatkan pengetahuan dan etika dalam keamanan informasi yang memang akan dibahas dalam seri forensik, ethical hacking dan pertahanan.

Peserta Cyber Jawara akan ditantang seberapa hebat kemampuan mereka soal keamanan siber yang terdiri dari kategori Ethical Hacking, Computer Network Defense (CND). Untuk topik CND dikhususkan untuk mencari pertahanan jaringan terbaik dari setiap tim.

Beberapa kategori kompetisi keamanan siber Cyber Jawara 2015 telah dibuka yakni,  Computer Network Defence, Penetration Test, Forensic Analysis dan Capture The Flag.

Babak penyisihan akan berlangsung secara online yang akan diadakan pada tanggal 8-9 Oktober 2015. Sedangkan untuk babak final kompetisi akan diadakan 10 November 2015 mendatang.

Selain itu, Cyber Jawara diharapkan mampu menciptakan dimana ethical hacking diterima, dipraktikan dan didemonstrasikan tanpa diskriminasi. Apalagi banyak aset dan informasi yang harus dilindungi.

Setiap tim pesera maksimal terdiri dari tiga pemain dan setiap babak akan dieliminasi sampai didapat terbaik yang sebagai pemenang. Tim dalam Cyber Jawara ini akan dibagi berdasarkan wilayah dan mereka akan bersaing untuk mencapai babak final.

Berikut kategori kompetisi keamanan siber Cyber Jawara 2015 IDSIRTII yang dipertandingkan:

1.  Computer Network Defence berfokus pada kemampuan untuk membuat sistem jaringan yang aman dan mampu mencegah dan memonitor setiap serangan.

2. Penetration Testing mengenai kemampuan untuk mencari kelemahan dalam sistem secara cepat;

3. Forensic Analysis terkait kemampuan untuk membuktikan terjadinya serangan dalam jaringan secara cepat dengan analisa yang akurat.

4. Capture The Flag membahas kemampuan untuk meretas parameter keamanan sistem dengan melakukan bypass terhadap pengaturan keamanannya, tentunya disesuaikan dengan skenario berdasarkan masalah yang nyata untuk melindungi target.

5. Sedangkan Cracking The Perimeter adalah tantangan yang palling menantang dalam ethical hacking dan Pentesting.

Pendaftaran kompetisi keamanan Cyber Jawara 2015 telah dibuka, bagi peserta yang ingin mengikutinya dapat melakukan registrasi melalui halam berikut ini http://cyberjawara.idsirtii.or.id/.

 

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: