Bagikan berita ini

Kompetisi Internet of Things IoT Competition CompFest7CompFest7 dari Fakultas Ilmu Komputer UI buka pendaftaran kompetisi Internet of Things Competition

HarianTI.com – Internet of Things atau IoT merupakan sebuah istilah baru di dunia IT yang belakangan ini mulai populer. IoT menerapkan konsep bagaimana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi dan berhubungan satu sama lain melalui jaringan internet. Diprediksi IoT nanti dapat menjadi “the next big thing” dalam dunia teknologi informasi.

Mengetahui dunia IoT yang memiliki potensi dan berkembang, Compfest7 telah berinovasi untuk menghadirkan sebuah kompetisi Internet of Things pertama di Indonesia untuk dapat memunculkan dan menggali bakat-bakat yang unggul di bidang IoT.

Competition CompFest7 sendiri merupakan kompetisi IT berskala nasional yang menawarkan total hadiah 100 juta rupiah.

Tema yang diusung dalam IoT competition tahun ini yaitu “Build Limitless Connection of Things to Shape The City of Tomorrow“.

“Dengan mengusung tema ini, diharapkan peserta dapat berinovasi seluas-luasnya terutama dalam mendukung perkembangan IoT di Indonesia.” ujar Irene Yulinda, Person in Charge IoT Competition Compfest7 dalam keterangannya kepada HarianTI.com.

Nantinya ide dan prototype yang dihasilkan diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada serta mendukung perkembangan Internet of Things di Indonesia.

Panitia IoT Competition Compfest7 memberikan kebebasan peserta dalam memilih ide dan perangkat dalam kompetisi ini sesuai tema yang diberikan. Ada tiga kategori yang dapat dipilih peserta yakni Health and Sanitation, Transportation and Public Facility dan Disaster.

Peserta dapat terdaftar sebagai individu ataupun dalam tim beranggotakan maksimal 3 orang. Peserta juga harus berstatus sebagai mahasiswa diploma atau sarjana pada masa pendaftaran kompetisi.

Selain itu, peserta juga diharapkan untuk dapat memanfaatkan Open Data. Open Data sendiri yaitu data yang bebas digunakan dan disebarluaskan. Untuk itu,  CompFest7 telah bekerja sama dengan beberapa data provider yaitu Portal Indonesia (data.id) dan LAPOR! (lapor.ukp.go.id).

Tanggal Penting Pendaftaran Kompetisi Internet of Things IoT Competition CompFest7

Pendaftaran IoT Competition Compfest7 saat ini telah dibuka dari 14 Mei hingga 30 Juni 2015 mendatang dengan menawarkan total hadiah hingga ratusan juta rupiah. Berikut tanggal penting Internet of Things IoT Competition CompFest7:

Untuk pengumuman semi finalis dilakukan pada 13 Juli. Video demo 13 Juli – 21 Agustus. Fase pengembangan 13 Juli – mingggu ke-4 September. Pengumuman final 30 Agustus 2015.

Jadi, tunggu apalagi? Wujudkan ide kreatif dan siapkan produk IoT terbaik kalian, ya! Pendaftaran online dapat dilakukan di tautan berikut http://compfest.web.id/competition/internet-of-things-competition.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi compfest.web.id dan terus pantau linimasa kami di twitter @CompFest7 dan Facebook CompFest atau dapat menguhubungi Irene – 081297435650, Betty – 083899556032 untuk informasi mengenai kompetisi lainnya. CompFest7 Internet of Things  Competition

 Baca Juga kompetisi CompFest7 lainnya:

Kompetisi Open App Challenge CompFest7

Kompetisi Indie Game Ignite CompFest7

 

 

*) HarianTI.com menjadi media partner event Compfest7 Fakultas Ilmu Komputer UI

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: