Bagikan berita ini

Dicoding Store Submit Aplikasi dan Game di Google Play StoreHarianTI.com – Dicoding.com yang pada 5/1/2015 lalu resmi diluncurkan sebagai sebuah platform penghubung pengembang aplikasi lokal dengan pemilik proyek pertama di Indonesia, kini mengumumkan fitur terbarunya yakni Dicoding Store, submit aplikasi dan game lewat akun Google Play Store Dicoding.

Dicoding Store App akan membantu para developer game atau aplikasi Android yang  ingin mempublish game atau aplikasi buatan mereka ke Google Play Store namun tidak memiliki akun Google Play Store.

Aplikasi dan game yang disubmit menggunakan Google Play Store Dicoding akan melewati sistem verifikasi dan proses publish yang dilakukan oleh admin, sebelum muncul di halaman Google Play Store seperti pada umumnya. Proses tersebut memerlukan waktu maksimal 2 x 24 jam.

Untuk saat ini, Dicoding baru mendukung Google Play Store. Sedangkan untuk store lain dijanjikan akan segera dihadirkan oleh tim Dicoding dalam waktu tidak lama lagi.

“Kami akan terus menambahkan fitur baru agar teman-teman lebih mudah melakukan pengerjaan produk,” tulis Dicoding dalam keterangannya.

Aplikasi dan game yang diterbitkan melalui Google Play Store Dicoding maupun yang dipasang tetap menjadi hak dan prerogatif developer.

Cara Submit Aplikasi dan Game di Menggnakan Dicoding Store

1. Pertama, developer harus melakukan login dengan ke akun Dicoding yang telah dimiliki, kemudian di dashboard sisi kiri, akan terlihat menu untuk fitur baru ini, yaitu “Dicoding Store Apps“, nah melalui menu inilah teman-teman bisa submit game atau aplikasi buatan teman-teman ke Google Play Store.

2. Masuk ke dalam menu “Download Template”  file .zip setelah itu lakukan download template untuk platform Android.

3. Isi file tersebut yang telah di-extract tersebut dengan keterangan sesuai dengan game atau aplikasi yang ingin seperti screenshot, informasi dan deskripsi aplikasi, file .apk setelah itu lakukan kompresi file kedalam format .zip.

4. Upload file yang sudah terkompresi dalam format .zip tadi dengan memilih menu Upload New App

5. Tunggu proses submission ke Google Play Store higga selesai. Proses submission dapat dilihat pada menu Manage Apps akan ada notifikasi email

Saat ini sistem Dicoding Store baru bisa menerima game atau aplikasi dengan ukuran tidak lebih dari 50MB. Jika submit lebih besar dari 50MB,  bisa mengupload file template menggunakan ke Onedrive atau Google Drive dengan menyertakan link file nya di bagian “App Bundle Link”.

Updated: Bahwa proses verifikasi dan publikasi akan dilakukan oleh admin, sehingga tidak dilakukan “secara otomatis” oleh sistem. Akan ada waktu maksimal 2×24 jam untuk proses tersebut.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: