Bagikan berita ini
peluncuran go box di jogja
Arief Fadillah, Go-Box Head Operation saat peluncuranGo-Box di Jogja 22/2/2016 – HarianTIcom

HarianTI.com – Pelaku UKM dan pebisnis di Yogyakarta dan Semarang yang membutuhkan armada atau akomodasi transportasi untuk memudahkan proses bisnis mereka dengan harga yang terjangkau dan pelayanan cepat tidak perlu khawatir lagi.

Pasalnya, layanan pengiriman dan antar jemput barang, Go-Box melalui aplikasi GoJek mulai Senin, 22/2/2016 resmi beroperasi melayani kota Yogyakarta dan Semarang.

Peluncuran Go-Box di Yogyakarta dan Semarang adalah sebagai upaya memudahkan dan memnuhi kebutuhan logistik baik oleh publik, pebisnis di dua kota tersebut.

Kami melihat besarnya kebutuhan logistik di Yogyakarta dan Semarang. Saat ini Go-Box sudah punya lebih dari 5000 armada di 6 kota untuk melayani pengiriman barang,” kata Arief Fadillah, Go-Box Head of Operation.

Tak beda jauh dengan pengoperasian Go-Jek, pengguna layanan ini cukup membuka aplikasi GoJek yang didalamnya telah ada pilihan akses menuju fitur Go-Box. Masukan alamat detail rumah dimana barang akan diambil oleh Go-Box.

Setelah data dimasukkan, nantinya akan kelur rincian harga secara transparan. Jika dari harga tersebut tidak cocok, pengguna juga dapat melakukan pembatalan.

Harga sesuai dengan jarak tempuh menjadi salah satu faktor pembeda Go-Box dibandingkan dengan jasa pengiriman barang lainnya. Selain itu, customer juga dapat mengirim barang dengan satu armada ke 15 titik pengiriman sekaligus.

“Kalkulasi harga dihitung berdasarkan mulai darimana barang itu diambil dan nanti driver yang mengambil adalah driver yang terdekat dengan posisi barang,” jelas Arief Fadillah di hadapan awak media.

Masih menurut Arief, setiap driver sudah dibekali dengan smarthpone dan sistem akan mencarikan driver yang terdekat dengan customer.

Pengguna layanan Go-Box dapat memilih metode pembayaran yang disediakan yakni gojek credit dan secara cash. Layanan Go-Box memungkinkan customer melacak keberadaan armada Go-Box melalui smartphone mereka. 

Ada empat pilihan jenis mobil yang bisa dipilih dalam layanan Go-Box sesuai dengan harga dan kebutuhan yang diinginkan customer. Empat itu yakni mobil pickup, mobil boks, truk engkel dan truk engkel boks untuk keperluan antar dan kirim barang dalam jumlah besar.

Dijelaskan Arief, pihaknya akan bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan atau pun kehilangan barang dari customer. Untuk memastikan barang sampai pada tempat tujuan dengan aman, GO-Box juga memfasilitasi layananya dengan asuransi dengan premi hingga Rp 500 juta.

Sementara ini baik di Jogja dan Semarang Go-Box sudah memilki sebanyak 150 driver yang siap melayani order. Hingga saat ini layanan Go-Box baru menjangkau kawasan Jawa-Bali.

“Hingga bulan Januari lalu, Go-Box sudah menyelesaikan order sejauh 1,4 juta kilometer sudah kita beresin dan pendapatan driver average Rp 5 juta,” ungkap Arief.

Menurut Arief, sistem transparansi tak hanya bisa diterapkan kepada customer melainkan di sisi dirver.

“Go Box memberikan transparasi bagi driver yang bergabung, driver dapat melihat ordernya kemana darimana, harganya berapa secara transparan. Dan jika cocok harganya, driver bisa langsung ambil,” jelas Arief Fadillah.

Dalam merekrut calon driver, pihak Go-Box juga melakukan tahap verifikasi dan pengecekan identitas dari setiap driver yang akan bergabung.

“Setiap diver Go-Box sudah dilakukan proses background check dan dipastikan sudah tidak ada masalah baik dari catatan kepolisian dan driver memberikan jaminan seperti KTP atau KK,” jelas Arief.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan Go-Box dapat mengunduhnya di Google Play Store atau App Store.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: