Bagikan berita ini
Finhacks 2016 BCA Hackathon pengembangan aplikasi pembayaran keuangan
Finhacks 2016 BCA Hackathon pengembangan aplikasi pembayaran

HarianTI.com – Bertajuk Finhacks 2016 (Financial Technology Hackathon), bank BCA mengajak para developer Indonesia berpartisipasi untuk mengembangkan suatu inovasi aplikasi dalam waktu singkat dengan memanfaatkan API (Application Programming Interface) yang disediakan oleh BCA.

Developer ditantang untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam menciptakan sistem pembayaran. Selama 2 hari 1 malam atau 24 jam non-stop sekitar 180 orang peserta dari berbagai kota di Indonesia akan berkumpul untuk ditantang membuat aplikasi pembayaran eWallet secara individu atau berkelompok di Segarra, Ancol.

Peserta kontes akan dipilih 3 inovasi terbaik, terbaik pertama, terbaik kedua dan terbaik ketiga. Kriteria pemenang diutamakan pada seberapa relevan inovasi sistem pembayaran yang diciptakan dengan sistem BCA dan seberapa unik masalah dan solusi inovasi yang dihasilkan.

kali ini BCA mengadakan di area sekitar pantai, dengan maksud agar para peserta dapat refreshing, keluar dari kesibukan mereka sehari hari.  Maka tema yang digunakan juga adalah Hack by the Beach.

Selain membuat aplikasi, para peserta juga harus mempresentasikan hasil ciptaannya satu per satu di depan para juri yang terdiri dari para praktisi TI, CTO dan CEO dari Fintech dan para ahli TI dari industry Teknologi Informatika.

Karya aplikasi yang dikembangkan peserta Finhacks tetap akan menjadi milik mereka. Namun, tidak menutup kemungkinan jika hasil inovasi para peserta menarik minat BCA untuk dikembangkan lebih lanjut, maka BCA akan bekerja sama dengan para developer tersebut.

Siapa Peserta Finhacks 2016 BCA

Finhacks 2016 terbuka untuk siapa saja (umum). Pelajar, pengembang profesional, pelaku startup dan sebagainya dapat menunjukkan kreativitasnya dalam kompetisi ini. Startup atau pengembang yang sebelumnya telah memiliki solusi atau aplikasi yang sudah jadi (terpublikasi di Store atau lainnya) boleh turut serta dalam kompetisi ini, selama dapat mengoptimalkan API Data BCA ke dalam aplikasinya.

Aplikasi yang dikembangkan tidak dibatasi pada platform tertentu. Apa pun aplikasinya diperbolehkan selama tetap memanfaatkan salah satu API yang disediakan dan dimiliki oleh BCA.

Pendaftaran Finhacks 2016 BCA

Hackathon ini akan diadakan di Ancol pada tanggal 23 April 2016. Pendaftaran dibuka hingga tanggal 4 April 2016 dengan mengunjungi halaman resi Finhacks 2016.

Nantinya akan dipilih sebanyak 59 ide baik itu dari tim atau individu dan akan diumumkan 11 April 2016 untuk ikut Hackathon 2016 #HackBytheBeach.

Hadiah Finhacks 2016 BCA

Hadiah pertama berupa uang tunai Rp 59 juta plus Oculus Rift, hadiah kedua Rp. 35,9 juga plus drone, ketiga Rp 15,9 juta plus GoPro Hero dan tentu saja pajak hadiah akan ditanggung oleh pemenang.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: