Bagikan berita ini
Google Summer of Code GSoC 2016
Google Summer of Code GSoC 2016

HarianTI.com – Program Google Summer of Code (GSoC) 2016 adalah program internasional tahunan yang  diselenggarakan oleh Google guna memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk berkontribusi di proyek FOSS (Free Open Source Software) selama musim panas.

Program Google Summer of Code sudah cukup lama diselenggarakan hampir 11 tahun lamanya sejak tahun 2005 lalu. Selama diselenggarakan GSoC berhasil menjaring lebih dari 10.900 pelajar/mahasiswa dari 103 negara yang berpartisipasi, 50 juta lebih baris code yang sudah ditulis dan 500 lebih organisasi FOSS yang bergabung.

Selama tiga bulan pelajar atau mahasiswa akan mengerjakan proyek pemrograman yang diberikan oleh sejumlah organisasi peserta GSoC 2016.

Kurang lebih ada 180 organisasi FOSS yang telah menjadi peserta dalam Google Summer of Code ini yang terbagi dalam kategori sistem operasi Linux,pemrograman, grafis dan multimedia, end user seperti GNU, Linux Foundation, Debian, Fedora, GNOME, Blender, GIT, Libre Office, Inkscape, Eclipse, Python dan masih banyak lagi.

Sebagai bagian dari Google Summer of Code, mahasiswa peserta akan didampingi oleh seorang mentor dari organisasi FOSS yang berpartisipasi, mendapatkan eksposur ke pengembangan perangkat lunak dunia dan skil teknis lainnya.

Selain itu, peserta GSoC 2016 yang mengerjakan proyek yang di organisasi FOSS tersebut bisa berkesempatan mendapatkan uang saku selama kegiatan berlangsung. Tahun 2015 lalu, bagi pemenang yang berhasil mengerjakan proyek yang diberikan oleh organisasi peserta GSoC, akan mendapatk hadiah berupa uang US $5500.

Code yang disubmit dan berhasil dikembangkan pada proyek masing-masig organisasi FOSS akan dipublikasikan.

Bagi mahasiswa yang ingin berpartisipasi di GSoC 2016 ada baiknya memperhatikan jadwal berikut ini:

jadwal Google Summer of Code 2016 untuk mahasiswa

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: