Bagikan berita ini

Hackathon Banyumas kontribusi dan inisiatif para pegiat IT di kawasan Banyumas dalam Hackathon Merdeka 2.0

hackathon banyumas 2.0
Hackathon Banyumas, bagian dari Hackathon Merdeka 2.0 di 19 kota di Indonesia

HarianTI.com – Hackathon Banyumas Raya merupakan inisiatif para pegiat IT di kawasan Banyumas dan sekitarnya yang tertarik untuk berpartisipasi dalam melaksanakan Hackathon Herdeka 2.0 serentak di beberapa kota di Indonesia.

Hingga saat ini, kota-kota yang sudah siap melaksanakan antara lain : Bandung, Banyumas, Bogor, Jogja, Surabaya, Denpasar, Malang, Tangerang, Semarang, Makassar, Medan, Belitung, Wonosobo, Palembang, Maluku dan lainnya.

Para pegiat IT yang tergabung menjadi relawan Hackathon Banyumas Raya, saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan acara, koordinasi dengan hackathon merdeka! (code4nation) serta kerjasama lintas sektor dengan unsur-unsur di daerah.

Hackathon Banyumas Raya mencakup wilayah Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, dan sekitarnya. Menurut agenda Hackathon Banyumas akan diadakan 24-25 Oktober 2015 di ST3 Telkom Purwokerto

Selanjutnya pemenang akan diundang untuk mempresentasikan hasil karyanya dihadapan Presiden RI Joko Widodo, pada peringatan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2015.

Peserta diharapkan untuk dapat mengembangkan aplikasi dalam berbagai pilihan platform seperti web dan aplikasi mobile atau web dan SMS atau web dan Internet of Things maupun mengkombinasikannya.

Sejumlah permasalahan data kependudukan yang dapat dibuatkan solusinya menjadi sebuah aplikasi di Hackathon Banyumas  diantaranya KTP, Akta Kelahiran,Paspor, BPJS, Pendataan anak putus sekolah, Pendataan warga miskin, Pendataan anak berpotensi, Pendataan pelanggar lalu lintas, Pendataan penipu, Mempermudah antrian masuk rumah sakit, Mempermudah dan mempercepat prosedur pendataan gawat darurat, Mempermudah antrian pengambilan obat di apotek, Pendaftaran diri belum menjadi prioritas karena susah / jauh, Pendaftaran anak tidak dilakukan karena alasan dari orangtua, Identitas hukum saling menjadi keperluan yang diperlukan dsb

Syarat dan ketentuan

  1. Jumlah anggota tim bebas, antara 2-3 orang.
  2. Semua anggota tim wajib melakukan registrasi.
  3. Hak cipta melekat pada pembuat aplikasi atau kakas pada acara Hackathon Merdeka. Untuk kode, gunakan lisensi MIT atau pilih salah satu lisensi lain, tapi disarankan memakai lisensi yang umum dan kompatibel dengan banyak lisensi lainnya. Untuk data, gunakan Creative Commons Attribution 4.0 International.
  4. Jika memakai framework dan/atau library, harus dalam kategori bebas dan gratis untuk dipakai, diubah, maupun disebarluaskan. Pastikan tidak ada konflik lisensi antara framework dan/atau library yang digunakan dengan kode yang ditulis tim.

Bagi peserta yang ingin berpartisipasi dalam acara ini bisa melakukan registrasi melalui halaman Hackathon Banyumas.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: