Bagikan berita ini

Serantak di 19 kota di Indonesia dengan jargon Merdeka Dengan Kode, Hackathon Merdeka 2.0 diharapkan menjadi sebuah bentuk Sumpah Pemuda modern.

Hackathon Merdeka 2.0 dari Code4Nation.id

HarianTI.com – Setelah sukses menyelenggarakan Hackathon Merdeka yang pertama pada bulan Agustus lalu, Komunitas Code4Nation.id, difasilitasi oleh Kantor Staf Presiden (KSP), kembali mengadakan Hackathon Merdeka 2.0.

Serentak di 19 kota di penjuru Indonesia Hackathon Merdeka 2.0 akan diselenggarakan pada pada tanggal 24-25 Oktober 2015 mendatang dengan semangat Merdeka Dengan Kode (MDK).

Kota-kota yang akan mengehalat Hackathon Merdeka 2.0 yaitu Bogor, Medan, Toba, Belitung, Balikpapan, Palembang, Malang, Tangerang, Jogja, Semarang, Bandung, Surabaya, Banyumas, Wonosobo, Denpasar, Ambon, dan Makassar.

Kompetisi Hackathon Merdeka 2.0 ini digelar sekaligus untuk menyambut hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015. Dan juga didukung oleh Telkom dan Indigo inkubator.

Untuk Hackathon Merdeka 2.0 ini akan mengangkat tema “Masalah Data Kependudukan” alias “Civic Empowerment” alias “Citizen Centric”.

Para developer, hacker, maupun masyarakat umum peserta Hackathon Merdeka 2.0 ditantang untuk mengembangkan aplikasi yang mampu memberikan solusi pemecahan masalah tersebut.

Para pemenang nantinya akan dikumpulkan dan diundang untuk bertemu langsung untuk mempresentasikan hasil karya aplikasinya kepada Presiden Joko Widodo, di Jakarta pada momen Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015.

Beberapa aspek masalah data kependudukan menjadi sorotan untuk dicarikan solusinya melalui sebuah software/aplikasi dalam hackathon ini. Antara lain soal KTP, Akta Kelahiran, Paspor, BPJS, pelanggar lalu lintas, antrian masuk rumah sakit, pengambilan obat di apotek dll.

Hackathon Merdeka 2.0  di 19 kota di Indonesia 2015
Hackathon Merdeka 2.0 di 19 kota di Indonesia 2015

Tema tersebut diangkat setelah adanya banyak masukan dari publik kepada panitia Hackathon Merdeka yang menilai tak hanya komoditas pangan yang harus dislesaikan melalui teknologi melainkan juga masalah data kependudukan yang dipandang masih banyak masalah.

Tujuan dari Hackathon Merdeka adalah mengumpulkan solusi untuk pemecahan masalah pengumpulan data yang cepat dan akurat tentang kependudukan. Perlu diingat, ada berbagai macam jenis data kependudukan. Sekaligus berkontribusi pada negara untuk menyelesaikan masalah kependudukan.

Hackathon 2.0 ini terbuka bagi siapa pun bebas untuk developer umum. Bagi developer yang baru pertama kali mengikuti hackathon ini diharapkan terlebih dahulu memperkenalkan dirinya di forum Code4Nation untuk memudahkan komunikasi dengan peserta lainnya ketika acara berlangsung maupun setelahnya.

Peserta diharapkan untuk dapat mengembangkan aplikasi dalam berbagai pilihan platform seperti web dan aplikasi mobile atau web dan SMS atau web dan Internet of Things maupun mengkombinasikannya.

Untuk peserta yang ingin berpartisipasi dalam acara hackathon ini dapat langsung mendaftarkan dirinya di situs resmi Hackathon Merdeka 2.0.

Baca Juga:

Hackathon Banyumas

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: