Bagikan berita ini

HarianTI.com – Platform layanan survei online, JakPat belum lama ini merilis hasil suvei mereka yang berjudul Indonesia Messenger Tren Report 2016.

Survei tersebut melibatkan sekitar 1.033 responden di sejumlah kota-kota besar di Indonesia awal 2016 ini.

Berdasarkan survei tren aplikasi messenger di Indonesia 2016 JakPat diketahui bahwa aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) masih menjadi aplikasi messenger yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia sebagai media komunikasi.

Dari lima besar aplikasi yang digunakan masyarakat Indonesia, tercatat BBM menduduki posisi pertama dengan jumlah prosentase sebesar 80,31 persen. Kemudian disusul oleh WhatsApp dengan 72,78 persen di posisi kedua.

Posisi ketiga adalah LINE dengan 71,33 persen. Sementara Facebook Messenger dan Telegram berapda pada urutan ke-4 dan ke-5 dengan prosentase 34,27 persen dan 4,63 persen.

Aplikasi BBM masih banyak digunakan di Indonesia survei jakpat 2016
Aplikasi BBM masih banyak digunakan di Indonesia survei jakpat 2016

Survei aplikasi messenger di Indonesia 2016 ini juga mencatat peneterasi penggunaan  berdasarkan usia pengguna. Lagi-lagi BBM masih populer, aplikasi BBM paling banyak digunakan pada umur 26-29 tahun. WhatsApp paling banyak digunakan oleh umur 30-35 tahun. Sedangkan untuk LINE paling banyak digunakan pada umur 16-19 tahun.

survei jakpat 2016 aplikasi messenger berdasarkan umur

Dari laporan tersebut terlihat LINE menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan pengguna usia muda. Bisa jadi hal ini dikarenakan karena fitur stiker di dalam aplikasi LINE.

Sedangkan WhatsApp banyak digunakan oleh mereka yang sudah menginjak usia tiga puluhan, bisa jadi dipicu faktor cepatnya akses aplikasi WhatsApp dan kesederhanaannya.

Di sisi lingkungan penggunaan, BBM berada pada peringkat pertama sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi di lingkungan teman sekolah, kerja, dan keluarga.survei jakpat 2016 aplikasi messenger berdsarkan lingkungan komunikasi

Diperingkat kedua ada aplikasi LINE yang lebih banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman sekolah. WhatsApp paling banyak digunakan untuk berinteraksi dengan teman kantor dan keluarga.

Di platform WhatsApp, LINE dan BBM, banyak pengguna tergabung di lebih dari satu grup. Dengan grup yang paling mendominasi adalah grup pertemanan, kantor, keluarga, hobi/komunitas, sekolah atau alumni dan mobile shopping. Sedangkan mayoritas konten yang dibagikan adalah gambar lucu, salinan pesan broadcast, berita dan juga info lowongan pekerjaan.

Jika dikaitkan dengan penjualan dan jumlah smartphone BlackBerry yang beredar di dalam negeri saat ini cenderung menurun. Tapi pada faktanya, berdasar hasil survei di atas BBM masih menjadi aplikasi terpopuler di sisi penggunaannya di Indonesia oleh masyarakat.

Tampaknya strategi BlackBerry merilis aplikasi BBM di luar device BlackBerry masih cukup membuahkan hasil untuk bersaing dengan aplikasi messenger lainnya.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: