Bagikan berita ini
IBM Linux Challenge 2016 kompetisi aplikasi linux open source smart city jakarta
IBM Linux Challenge 2016 kompetisi aplikasi linux smart city

HarianTI.com – Kompetisi IBM Linux Challenge 2016 adalah sebuah kompetisi membuat aplikasi berbasis Linux Open Source yang bekerja sama dengan Jakarta Smart City.

IBM Linux Challenge 2016 adalah acara kedua dari lomba aplikasi IBM berbasis Open Source, IBM Developer Day yang tahun 2015 lalu sempat diadakan.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh IBM Indonesia bertujuan untuk mendukung terwujudnya smart city di Jakarta.

IBM Indonesia ingin mendorong para developer TI Indonesia untuk berkarya dan berkontribusi pada bangsa dengan keterampilan untuk membuat aplikasi lokal dengan menggunakan platform berbasis Linux/Open Source.

Developer aplikasi ditantang untuk mengembangkan aplikasi smart city sebagai solusi untuk kota Jakarta. Selain mengembangkan aplikasi smart city, IBM Linux Challenge 2016 juga membuka kategori bagi developer untuk ikut mengembangkan aplikasi keuangan mikro.

Tema dan Kategori Peserta

Kompetisi IBM Linux Challenge 2016 itu terbuka untuk dua kategori peserta, yaitu mahasiswa dan profesional. Kategori profesional adalah developer, ISV, umum, dan start-up company.

Tema smart city dapat diikuti oleh mahasiswa maupun profesional. Adapun syarat wajib aplikasi smart city yang akan dikembangkan adalah menggunakan minimal 2 komponen yakni Open Data Jakarta, Analytics, IoT (Internet of Things) atau Mobile.

Sedangkan aplikasi dengan tema keuangan hanya bisa diikuti oleh kategori peserta profesional saja. Tema ini menekankan solusi finansial untuk koperasi atau BPD /BPR atau pedagang dalam bentuk aplikasi pendukung (surrounding applications) dengan komponen pilihan yang dapat ditambahkan yakni Analytics, IoT (Internet of Things) atau Mobile.

Bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan aplikasi tesis, tugas kuliah, atau pun skripsi dapat disertakan pada perlombaan ini.

Pendaftaran dan Hadiah

Pendaftaran untuk ajang kompetisi itu dibuka mulai 12 Mei hingga 1 Juni 2016 melalui halaman registrasi IBM Linux Challenge 2016.

Pihak penyelenggara akan memilih sepuluh peserta terbaik yang nantinya akan mendapatkan pendampingan dalam membangun aplikasi tersebut.

Penilaiannya antara lain kreativitas, ide, prospek pengembangan bisnis ke depannya dari aplikasi, sekaligus sisi performance dari aplikasi yang dikembangkan developer.

Selain menjadi bagian dari perkembangan kota Jakarta melalui Jakarta Smart City, pemenang juga akan menerima hadiah tunai Rp 100 juta.

Masih ada lagi yakni pemenang  akan mendapatkan mentoring pengembangan aplikasi dan bagaimana memasarkan aplikasinya yang didukung oleh PT Avnet Datamation Solution dan PT Global Infotech Solution sebagai mitra IBM Indonesia.

Tanggal Penting Kompetisi IBM Linux Challenge 2016

  • Registrasi dan Submision: Kamis, 12 Mei 2016 – Rabu, 1 Juni 2016
  • Qualification Announcement: Kamis, 2 Juni 2016
  • Semi Final: Senin, 13 Juni 2016 – Jumat, 17 Juni 2016
  • Workshop Porting & Tuning: Senin, 20 Juni 2016 – Jumat, 24 Juni 2016
  • Final: Selasa, 19 Juli 2016 & Rabu, 20 Juli 2016
  • Workshop Stress Test: Kamis, 21 Juli 2016 & Jumat, 22 Juli 2016
  • Grand Final (Stress Test): Selasa, 2 Agustus 2016
  • Penutupan: Selasa, 9 Agustus 2016

Ayo daftar dan ikuti kompetisinya sekarang juga. Tunjukkan karya mu, menangkan hadiahnya !!!

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: