Bagikan berita ini
platform payment gateway espay
Platform payment gateway espay

HarianTI.com – Pembayaran online merupakan bagian penting bagi bisnis e-commerce di Indonesia. Ada ribuan transaksi online yang terjadi setiap harinya. Transaksi ini dilakukan dengan beragam cara seperti transfer antar bank, kartu kredit, debit langsung, e-Money, COD (Cash on Delivery),O2O dan lainnya seperti yang diterapan situs belanja Mataharimall.com.

Agar transaksi dapat berjalan dengan baik dan aman maka diperlukan suatu platform yang menghubungkan situs dengan bank tersebut yang dikenal sebagai payment gateway.

Di Indonesia, terhitung sejak 9 Februari 2016 MatahariMall.com mengimplementasikan platform payment gateway ESPAY untuk pembayaran online e-money di situsnya yaitu NobuPay.

NobuPay sendiri merupakan aplikasi hasil kerjasama Bank Nobu dengan PT. Square Gate One (SGO) yang sudah berjalan sebelumnya.

“Channel pembayaran NobuPay saat ini memang hanya tersedia di platform ESPAY. Merupakan suatu kebanggaan bagi kami karena metode pembayaran kami terpasang di salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia,”ujar Albert Johannes selaku Project Manager PT. SGO untuk aplikasi NobuPay.

Payment gateway ESPAY, dikelola oleh PT. Pembayaran Lintas Usaha Sukses (PLUS) yang merupakan grup PT. Square Gate One.

ESPAY memberikan kemudahan pembayaran e-commerce melalui berbagai bank nasional seperti Bank Mandiri, BCA, BRI, Permata, RHB Malaysia, Maybank Indonesia, Nobu Bank, serta puluhan bank daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kelebihan dari payment gateway kami adalah kerjasama yang luas dengan beragam bank nasional, bank-bank daerah serta institusi keuangan. Kami juga sudah bekerjasama dengan PayPal dan Bitcoin Indonesia sehingga setiap merchant yang bergabung dengan ESPAY dapat menikmati layanan pembayaran online dengan pilihan yang yang lebih banyak,”ujar Joshua A. Dharmawan selaku Direktur PT. PLUS dalam keternangannya kepada HarianTI.com.

ESPAY memiliki kelebihan yakni proses settlement yang realtime oleh bank-bank yang sudah integrasi dengan ESPAY. Hal ini merupakan keuntungan bagi pelaku bisnis yang menggunakan ESPAY di dalam situsnya.

Pelaku bisnis e-commerce dapat memperoleh sistem ESPAY secara gratis tanpa biaya pendaftaran, instalasi maupun maintenance serta rate transaksi yg sangat rendah dibandingkan pemain payment gateway lainnya. 

Dengan kerjasama tersebut tampaknya ESPAY membidik pasar industri e-commerce Indonesia dengan hadir dengan beragram kemudahan.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: