Bagikan berita ini
IN GAME Festival 2016 Expo Yogyakarta
IN GAME Festival 2016 Expo Yogyakarta

HarianTI.com – Komunitas Game Developer Jogja, GameLan tahun ini kembali menggelar IN.GAME (Indonesia Indie Game) Festival 2016 yang merayakan game sebagai media berekspresi.  Acara ini akan diselenggarakan selama 5 hari berturut-turut dari tanggal 20 April 2016 hingga 24 April 2016 di Yogyakarta.

Beberapa acara yang akan diselenggarakan dalam IN.GAME Festival adalah Workshop Day, Game Jam, Expo, IN.GAME Talk, dan IN.GAME Award.

Salah satu rangkain IN.GAME Festival 2016 yang banyak menyedot minat game developer Indonesia untuk berpartisipasi adalah sesi IN.GAME Expo.

Tercatat ada 57 game studio dari berbagai kota di Indonesia yakni dari kota Surabaya, Bandung, Jakarta, Malang, Semarang, Bangkalan, Surakarta, Salatiga, Sidoarjo, Bogor, Kediri yang akan ikut menyerbu kota Yogyakarta untuk memamerkan game hasil kreasi buatan mereka.

Tak ketinggalan juga game developer tuan rumah IN.GAME, Yogyakarta pun ikut ambil bagian dalam game expo kali ini.

Sesuai agenda, IN.GAME Expo akan diadakan pada Minggu 24 April 2016, berlokasi di Auditorium Kampus 3 Gedung Bonaventura Universitas Atmajaya Yogyakarta, event pameran ini akan digelar seharian penuh dari pukul 09.00 hingga 17.00 wib.

Tidak hanya mobile game dan PC game yang dipamerkan ada juga game non digital seperti boardgame dan cardgame dari para developer game tanah air.

peserta IN.GAME expo yogyakarta 2016
Peserta IN.GAME Expo Yogyakarta 2016

“Game merupakan salah satu media ekpresi yang mampu memberikan ruang interaksi yang lebih antara kreator dan penikmatnya. Pesan yang disampaikan tidak hanya didengar dan dilihat namun juga mengajak penikmat karya ini untuk berinteraksi didalamnya,” jelas Frida Dwi Iswantoro, pantitia IN.GAME Festival 2016.

Lebih lanjut lagi, pria yang lebih akrab disapa UB ini menilai bahwa game banyak menyimpan potensi.

“Banyak potensi yang bisa digali dari media yang kita sebut game ini. Nilai ekonominya pun bisa dibilang sangat menarik. Di negara maju, Game merupakan salah satu penyumbang pemasukan terbesar di sektor industri kreatif,” jelas  Frida Dwi

Sepanjang gelaran expo ini juga akan dilaksanakan sharing session dari Ekuator Games dan Gotta Games. Ekuator Game sendiri adalah studio game asal Bandung yang berhasil mendapat pendanaan dari situs crowdfunding Kickstarter dan sukses meluncurkan PC game mereka yang berjudul “Celestian Tales : Old North” di platform Steam.

Sedang Gotta Games adalah indie game developer asal Jakarta yang pada Oktober lalu berkesempatan unjuk gigi diajang PAX Australia 2015. Tentunya pada kesempatan kali ini Gotta Games akan sharing pengalaman mereka hingga berhasil memamerkan karya mereka di salah satu event game terbesar tersebut.

Bukan hanya game developer yang mendapat panggung di IN.GAME Expo kali ini, akan ada diskusi panel mengenai sound engineering yang akan dimoderatori oleh Lintang Enrico yang dikenal sebagai developer dari Gamelan DJ. Selain pameran dan sharing session, diakhir acara akan diadakan penyerahan IN.GAME Awards yang akan dibagi dalam 7 kategori yaitu Best Gameplay, Best Game Audio, Best Game Narration, Most Innovative Game, Best Boardgame dan Audience Choice Award.

Jadi tunggu apa lagi, untuk kalian yang sedang berada atau berencana akan ke Yogyakarta langsung saja ambil tiket gratis acaranya di bit.ly/INGAME2016 jangan sampai ketinggalan.

IN.GAME Festival merupakan salah satu upaya dari komunitas game developer Indonesia untuk memasyarakatkan game development serta mensosialisasikan keberadaan para game developer indie Indonesia beserta karya-karyanya.

IN.GAME Festival terselenggara berkat dukungan dari komunitas game developer di Indonesia yakni SMG (Semarang), GADAS (Surabaya), GDB (Bandung), GDM (Malang), BGDE (Bali), Salad (Salatiga), Magadev (Makasar) dan juga Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: