Bagikan berita ini
Kompetisi InCode Innovation and Colaboration for Development
Kompetisi InCode 2016 Innovation and Collaboration for Development

HarianTI.com – Open Goverment Indonesia berkolaborasi dengan The Asia Foundation, Twitter, Google, Kompak, Pulse Lab Indonesia, pemerintah  Australia, British Council, AmCham Indonesia, dan Universitas Bina Nusantara (BINUS) International selenggarakan kompetisi InCode (Innovation and Colaboration for Development).

Kompetisi InCode merupakan kompetisi inovasi teknologi untuk mengajak para pengembang aplikasi Indonesia dalam menjawab tantangan pembangunan yang ada di In.CoDe 2016.

Selain itu, In.CoDe mendorong kolaborasi masyarakat sipil, swasta, pemerintah, akademisi serta pengembang aplikasi (developers) untuk menciptakan solusi nyata bagi pembangunan.

Dalam kompetisi In Code ini ada empat fokus area yang bisa digali oleh para developer Indonesia, yaitu Peningkatan Pelayanan Publik, Tata Kelola Lingkungan Hidup/Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan Pemanfaatan Data, dan DPR/DPRD yang Terbuka.

Adapun, kolaborasi antara organisasi/institusi/lembaga mencakup:

1. Pengajuan konsep tantangan/masalah yang berfokus ke 4 isu

2. Konsep tantangan/masalah akan dibaca oleh praktisi teknologi/developer

3. Apabila tantangan yang diajukan dirasa cocok, praktisi teknologi/developers akan menghubungi dan meminta kerjasama dengan oraganisasi/institusi/lembaga terkait untuk mengembangkan prototype inovasi sebagai jawaban tantangan pembangunan

4. Puncaknya, 10 purwarupa terbaik akan menerima penghargaan sekaligus mempromosikan prototype tersebut di depan perusahaan, donor, lembaga pemerintah dan organisasi lain yang dapat membantu perwujudan purwarupa tersebut pada April mendatang.

Tim yang berminat mengikuti kompetisi teknologi InCode ini bisa melakukan pendaftaran paling lambat tanggal 24 Maret 2016. Pengumuman pemenang nanti akan dilakukan tanggal 30 April.

Untuk memacu semangat peserta, pihak pnyelenggara menyiapkan hadiah utama bernilai 50-100 juta Rupiah untuk pembiayaan penyelesaian dan tindak lanjut purwarupa.

Sebagai acara pembuka acara juga dilakukan roadshow InCode di beberapa kota seperti Yogyakarta, Jakarta dan kota lainya.

Open Goverment Indonesia sendiri merupakan sebuah gerakan yang didirikan pada 20 September 2011. Tujuan gerakan ini adalah membangun pemerintahan yang lebih terbuka, lebih partisipatif, dan lebih inovatif.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: