Bagikan berita ini
infografis tren teknologi pemrograman paling banyak digunakan mahasiswa TI di Indonesia dmenrutu Gamatechno
infografis tren teknologi pemrograman paling banyak digunakan mahasiswa TI di Indonesia dmenrutu Gamatechno

HarianTI.com – Gamatechno sebuah perusahaan yang memiliki fokus bisnis pengembangan berbagai solusi untuk Smart City belum lama ini melakukan mini survey  yang disajikan dalam infografis Tren Teknologi Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Mahasiswa TI Indonesia.

Survey Gamatechno tersebut dilakukan dengan sample acak terhadap sejumlah mahasiswa TI di beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam infografis tren teknologi premrograman, tim Gamatechno membagi menjadi empat kategori yakni programming language,database management system, framework PHP dan Version Contor System.

Bahasa Pemrograman Paling Banyak Digunakan Mahasiswa TI Indonesia

Berdasarkan data, didapati ada 7 bahasa pemrograman paling banyak digunakan mahasiswa TI Indonesia. Diposisi pertama ada Java 62 %, di urutan kedua PHP 52 %, ketiga C/C++ 38 %.

Infografis bahasa pemrograman paling banyak digunakan mahasiswa TI Indonesia gamatechno
Bahasa pemrograman paling banyak digunakan mahasiswa TI Indonesia – Gamatechno

Sedangkan di posisi keempat dan lima ada Objective C dan Visual Basic yang masing-masing memiliki prosentase pengguna sebesar 12%.

Sementara bahasa pemrograman C# yang dikembangkan Microsoft punya prosentase 9,5 % dan di posisi paling bawah ada Pyton 2,4%.

Database Management System Paling Banyak Digunakan Mahasiswa

Kategori kedua yang menjadi fokus survey Gamatechno adalah soal database apa yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa. Ternyata sebanyak 74 % mahasiswa TI masih menggunakan MySQL sebagai databasenya. Diposisi kedua ditempati oleh MS-SQL sebanyak 26 %.

Infografis database yang paling banyak digunakan mahasiswa TI Indonesia gamatechno
Infografis database yang paling banyak digunakan mahasiswa TI Indonesia Gamatechno

Oracle sebagai database management yang cukup populer ternyata hanya memiliki prosentase 19% penggunaan dikalangan mahasiswa. Diposisi selanjutnya ada Postgre 10 %.

Yang menarik adalah MongoDB, Maria DB dan SQLite ternyata memiliki jumlah prosentase pengguna yang sama di kalangan mahasiswa yakni sebesar 2,4 %.

Empat Framework PHP yang Paling Banyak Digunakan oleh Masiswa TI

Framework PHP yang paling populer digunakan oleh mahasiswa TI di Indonesia menurut infografis survey ini diketahui ada emapt PHP framework yakni Codeigniter (CI) 29 %, Laravel 20%, Yii 14 % dan Zend 4,7 %.

Infografis framework php yang paling banyak digunakan mahasiswa TI Indonesia gamatechno
Infografis framework php yang paling banyak digunakan mahasiswa TI Indonesia Gamatechno

Tak heran jika CI lumayan banyak dilirik oleh mahasiswa TI mengingat kondanganya framework yang satu ini. Sementara Laravel dan Yii akhir-akhir ini tengah naik daun dan menjadi sorotan dikalangan developer maupun programmer.

Version Control System

Kategori terakhir yang disajikan daam infografis ini adalah version control sytem yang paling populer di kalangan masiswa. Ternyata posisi pertama ditempati GitHub 36%, posisi kedua diikuti oleh Subversion 17%, CVS 9,5 % dan ketiga adalah Mercurial 2,4 %.

Infografis version control system yang paling banyak digunakan mahasiswa TI Indonesia gamatechno
Infografis version control system yang paling banyak digunakan mahasiswa TI Indonesia gamatechno

Sumber

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: