Bagikan berita ini

Agenda Kunjungan Jokowi ke Silicon ValleyHarianTI.com – Baru kali ini sepanjang sejarah Indonesia, kepala negara yang mengepalai sekitar 250 juta warganya akan melakukan kunjungannya ke Silicon Valley, Amerika Serikat mulai 25 oktober 2015 sebagai komplek markas teknologi raksasa sekaligus kiblat perusahaan rintisan atau startup dari seluruh dunia

.Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, akan membawa beberapa startup lokal terkemuka dan inkubator Indonesia datang langsung ke markas perusahaan teknologi Silicon Valley, California, Amerika Serikat.

Beberapa startup kondang Indonesia yang akan diajak rombongan Jokowi antaralain, CEO GoJek Nadiem Makarim, founder dan CEO Tokopedia Wiliam Tanu Widjaja, Kaskus serta founder dan CEO Kibar Kreasi Indonesia, Yansen Kamto.

Apa Saja Agenda Jokowi Berkunjung ke Silicon Valley ?

Yansen Kamto, Chief Executive Kibar Kreasi Indonesia memaparkan beberapa agenda kunjungan Jokowi ke Silicon Valley.

Kunjungan ke Silicon Valley ini, ada beberapa hal yang ingin kita capai adalah pertukaran startup, pembinaan, hingga bagaimana modul untuk mentoring startup di sana. Intinya, kami ingin kolaborasi apabila visinya sama,” katanya.

Pertukaran startup yang dimaksud yakni baik startup dari Silicon Valley dapat mempelajari banyak hal di Indonesia, begitu juga startup di Indonesia dapat melihat bagaimana startup di sana yang pada intinya startup dari dua negara dapat belajar satu sama lain. Pertukaran startup yang direncanakan tersebut akan dilakukan secara terstruktur.

Agenda selanjutnya adalah untuk melihat langsung seperti apa industri e-commerce yang berjalan di Amerika saat ini. mulai dari sistem pendanaan,  logistik, hingga proteksi konsumen pada startup.

E-commerce menjadi sektor industri yang sedang berkembang di Indonesia dan diyakini Indonesia akan menjadi kawasan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Menurut informasi, Indonesia menargetkan bisnis e-commerce Indonesia untuk dapat mengeruk pemasukan hingga US$ 130 miliar pada 2020 sebagai salah satu penggerak ekonomi digital.

Masih soal agenda Jokowi ke Silicon Valley, rombongan presiden akan bertemu dengan para eksekutif perusahaan teknologi, seperti Apple, Google, Facebook dan lainnya.

Mampir ke kantor Google, Jokowi ingin membahas terkait akses internet nirkabel  untuk wilayah Papua dan wilayah Indoensia Timur lainnya. Google diminta untuk mengoperasikan fasilitas balon internetnya atau Project Loon untuk memberikan jangkauan akses internet WiFi di wilayah tersebut.

Jokowi juga akan bertemu dengan CEO Apple, Tim Cook. Keduanya akan membahas soal investasi di industri timah Indonesia untuk memastikan logam yang digunakan di iPhone dan produk Apple lainnya diambil dari Indonesia tepatnya, Bangka Belitung.

Selain itu, dalam kunjungannya, juga akan membahas terkait niatan investasi Apple dalam hal pembangunan pusat riset di Indonesia. Pihak Apple pun telah melirik soal regulasi TKDN 30% yang dicanangkan oleh pemerintah.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: