Bagikan berita ini

Penyebab Jariangan Indosat TergangguHarianTI.com – Kamis 3/4/2014 Indosat mengalami gangguan jariangan dimana banyak diantara pengguna layanan Indosat mengeluhkan tidak bisa melakukan panggilan, sms dan internet.

Melalui keterangan resminya, Indosat telah menyampaikan penyebab terjadinya gangguan yang baru saja mereka alami saat ini.

“Telah ditemukan adanya anomali trafik berupa flooding traffic di sisi IP MPLS yang menyebabkan kelebihan beban (overload) di perangkat Indosat,” ungkap Adrian Prasanto, Head of Corporate Communication Indosat.

Hal itu disampaikan oleh pihak Indosat berdampak pada membanjirnya lalu lintas komunikasi yang ada di jaringan Indosat sehingga membuat semua layanan komunikasi yang dilayani menjadi terganggu.

Pendapat Pakar IT Soal Terganggunya Jaringan Indosat

Menurut Akbar Marwan, CIO Techscape Indonesia sekaligus dosen jaringan di Universitas Gunadarma Indosat diduga melakukan kesalahan mapping jaringan yang terlalu luas yang meluas hingga ke jaringan internet lainnya.

Akibatnya routing yang seharusnya tidak lewat jalur Indosat menjadi lewat jalur tersebut. Masih menurut Akbar Marwan mengungkapkan bahwa gangguan jaringan Indosat terjadi karena adanya kesalahan konfigurasi BGP routing.

Senada dengan yang disampakan Akbar Marwan, Jim Geovedi pakar IT mengungkapkan bahwa “Walau ada kemungkinan BGP hijacking dilakukan orang jahat, tapi yang umum terjadi adalah network admin salah mengkonfigurasikan routernya,” tulis dalam akun twitternya.

Pembajakan IP

Sementara itu,  akun Twitter BGP Monitoring @bgpmon juga mengungkap penyebab jaringan Indosat mengalami gangguan secara masal.

Menurut akun tersebut, jaringan Indosat disinyalir telah membajak 415.652 IP prefix yang diduga akibat kesalahan konfigurasi Border Gateway Protocol (BGP) pada router Indosat.

Lebih lanjut lagi, BGP Monitor juga mencatat sebanyak 8.233 di antaranya terlacak oleh lebih dari 10 kolektor BGP.

Efek dari pembajakan IP prefik tersebut meluas hingga ke luar negeri seperti Amerika Serikat. Sejumlah perusahaan besar seperti Apple yang juga mempunyai IP Prefik turut merasakan imbas dari kejadian ini.

Indosat Bantah Telah Melakukan Pembajakan

Adanya tudingan “Pembajakan IP” oleh Indosat, Adrian Prasanto, Head of Corporate Communication Indosat menampik kabar tersebut. Menurutnya Indosat tengah mengalami kendala teknis yang disebut Anomasli Trafik pada jaringan Indsoat.

Meskipun demikian, pihak Indosat memberikan konfirmasi bahwa terus dilakukan upaya perbaikan jariangan dan secara perlahan lalu lintas telekomunikasi Indosat mulai membaik.

“Atas nama manajemen Indosat kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini yang mungkin masih dirasakan hingga pagi ini oleh sebagian pelanggan Indosat. Kami berupaya keras untuk segera memulihkan kondisi jaringan hingga normal kembali,” demikian disampaikan Mirza Helmi, Group Head Customer Experience Project Indosat.

“Kami terus membuka layanan contact center kami. Untuk Layanan Selular di 111 dari nomor Matrix, – atau di – 100 dari nomor Mentari dan IM3, layanan twitter kami di @indosatcare atau email customer_service@indosat.com,” kata Mirza mengakhiri

Lebih lanjut lagi, untuk Layanan Korporasi, pelanggan dapat menghubungi 021-30008686 atau alamat email corporatesolution@indosat.com dan mobile.corporate@indosat.com.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: