Bagikan berita ini
situs marketplace kantor pos indonesia
Pos Indonesia bulan depan hadirkan situs marketplace khusus jual produk UMKM

HarianTI.com – Kabar gembira bagi para pelaku UMKM Indonesia. Pasalnya PT Pos Indonesia telah membangun online marketplace khusus untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Langkah Pos Indonesia yang akan segera meluncurkan situs marketplace merupakan inovasi seiring dengan perkembangan industri e-commerce tanah air.

Marketplace UMKM Pos Indonesia ini memiliki tujuan agar UMKM di Indonesia dapat berkembang dan produk mereka dapat dipasarkan lebih luas ke masyarakat.

Menurut Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono, rencananya situs marketplace UMKM akan diluncurkan kurang lebih satu bulan lagi.

Melalui fasilitas marketplace, pelaku UMKM dapat menentukan sendiri harga produk yang dijualnya sesuai dengan mekanisme pasar.

Seperti pemain online marketplace yang sudah ada, calon pembeli nantinya juga akan dikenakan biaya tambahan untuk pengiriman.

Sebagai permulaan, Pos Indonesia sudah memilih 30 pelaku UMKM dari dua kabupaten, Sidoarjo dan Gresik, yang lolos standar mutu.

Nantinya, para pemiliki UMKM tersebut bisa memanfaatkan program display corner kantor pos untuk memamerkan produk.

Program display corner kantor pos saat ini baru dilakukan di Jawa Timur dan rencananya  nanti akan diluncurkan juga di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Di Jawa Timur, saat ini terdapat sekitar 600 kantor pos yang bisa dijadikan sebagai ruang pamer bagi UMKM dari total 4.500 kantor pos di Indonesia.

Jawa Timur dipilih untuk peluncuran program ini karena geliat aktivitasnya paling agresif. Provinsi Jawa Timur dinilai sebagai basis pelaku UMKM terbesar di Indonesia, yakni berkisar 6,8 juta.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: