Bagikan berita ini

Deklarasi Kelompok Pengguna Linux Indonesia regional Batang, Jawa Tengah kobarkan semangat go opensource

Lunching Deklarasi Pendirian KPLI Batang
Lunching Deklarasi KPLI Batang

HarianTI.com – Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) merupakan wadah perkumpulan pengguna linux dan opensource. Tercatat hingga saat ini sudah ada kurang lebih 33 KPLI regional di tiap-tiap kota dengan sebutan nama unik masing-masing.

Meski tersebar di sejumlah kota, keberadaan KPLI tak luput dari peran dan campur tangannya untuk terus mensosialisasikan dan mengajak masyarakat Indonesia dalam hal penggunaan sistem operasi linux dan produk free open source software.

Peran serta Komunitas Pengguna Linux Indonesia juga terlihat dalam upaya terwujudnya program Indonesia Go OpenSource.

Tepat pada 30 Juni 2004 gerakan IGOS dideklarasikan oleh 5 kementerian yaitu Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Departemen Pendidikan Nasional.

Gerakan tersebut melibatkan seluruh stakeholder TI mulai dari akademisi, sektor bisnis, instansi pemerintah dan masyarakat) yang dimulai dengan program untuk menggunakan perangkat lunak sumber terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

Seperti yang belum lama ini dihelat adalah pertemuan akbar para penggiat Linux dan open source se-Indonesia, Indonesia Linux Conference di Tegal 11/10/2015 lalu yang salah satu visi misinya adalah untuk mendorong pemanfaatan sistem operasi Linux baik personal, pendidikan, pemerintahan ataupun dunia bisnis.

Tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan KPLI tak hanya menjadi tempat berkumpul maupun berbagi ilmu semata saja melainkan justru memiliki peran persuasif kepada masyarakat.

Inilah yang dalam waktu dekat ini akan diwujudkan oleh pemuda-pemudi dan penggiat open source di kota Batang, Jawa Tengah untuk mendeklarasikan berdirinya KPLI Batang dengan semangat Batang Menuju Gerakan Go Open Source.

Saat ini Batang belum memiliki komunitas maupun kelompok teknologi yang khusus di bidang Linux dan Opensource. Wilayah Batang memiliki penggiat teknologi yang besar, terbukti dengan banyaknya Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) yang memiliki progam studi dibidang Teknologi Informasi baik SMK negeri maupun swasta.

Diharapkan dengan akan diresmikannya Kelompok Pengguna Linux Indonesia regional Batang, bisa mewujudkan Kabupaten Batang Go Opensource.

Pihak panitia mengundang seluruh elemen masyarakat, pelajar hingga penggiat teknologi open source di kota Batang dan Indonesia pada umumnya untuk turut berpartisipasi dalam deklarasi KPLI regional kota Batang.

Dari informasi yang diterima HarianTI.com, agenda launching KPLI Batang akan diselenggarakan pada 21 November 2015 pukul 14:00 wib. Bertempat di SMK DIponegoro Banyuputih – Jl.Lapangan 9a Banyuputih Batang, Jawa Tengah.

Untuk berpartisipasi dalam acara deklarasi KPLI Batang silakan dapat melakukan registrasi melalui halaman berikut ini.

Informasi acara dapat menghubungi kontak di bawah ini:

PipinĀ  – 0856 41693 555
FB: KPLI Batang
Twitter: @KPLIBatang

Deklarasi KPLI Batang

 

 

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: