Bagikan berita ini

syarat menggunakan koneksi internet 4G LTE di IndonesiaJakarta, HarianTI.com – Cepat atau lambat, Indonesia akan kedatangan era baru dalam dunia telekomunikasi mobile seluler dengan hadirnya 4G LTE. Operator telekomunikasi di Indonesia mulai bersiap menghadirkan layanan 4G LTE dalam waktu dekat.

Langkah tersebut sejalan dengan instruksi Kementerian Komunikasi dan Informatika yang memberikan izin komersil untuk penggunaan frekuensi 900 MHz jelang akhir tahun 2014 ini.

Selain pihak operator yang harus memenuhi syarat untuk menghadirkan layanan 4G LTE pada frekuensi yang telah diizinkan, masyarakat pun juga diharapkan bisa menyesuaikan dengan teknologi yang akan segera di adobsi di Indonesia tersebut.

Setidaknya menurut Alexander Rusliada, Presiden Direktur dan CEO Indosat ada dua syarat menggunakan koneksi internet 4G LTE di Indonesia dari operator yang harus dipenuhi oleh masyarakat jika ingin menggunakan layanan tersebut.

Pertama, pengguna sebaiknya menggunakan perangkat smartphone atau handset yang telah mendukung jaringan 4G LTE di frekuensi 900 MHz.

Kedua, ganti dan gunakan SIM card jenis baru yang memiliki kapasitas memori 128 KB, sedikit lebih besar dibandingkan dengan SIM card yang selama ini digunakan.

Kapasitas memori SIM card yang lebih besar diperlukan untuk menyimpan sejumlah konfigurasi dan pengaturan jaringan 4G LTE yang terseimpan dalam chip SIM card.

Disamping itu, pengguna pun juga tak dapat sembarangan memotong SIM card lama mereka menjadi format micro atau nano SIM.

Ganti Kartu Baru, Nomor Tetap Sama

Meski mengharuskan pengguna untuk mengganti SIM card lama dengan SIM card model baru, masyarakat masih dapat menggunakan nomor lama mereka.

Sama halnya dengan layanan yang saat ini digunakan, nantinya masyarakat tetap dapat memilih apakah ingin menggunakan 4G LTE baik pasca bayar maupun prabayar.

Lantas, apakah mengganti handset dan sim card jenis baru akan mempermudah masyarakat Indoensia mendapatkan koneksi internet cepat ?

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: