Bagikan berita ini
Waze Transport SDK untuk developer dan perusahaan startup transportasi Indonesia
Waze Transport SDK untuk developer dan perusahaan startup transportasi Indonesia

HarianTI.com – Waze baru saja meluncurkan inisiatif bernama Waze Transport SDK (Software Developer Kit) yang ditujukan untuk memberdayakan perusahaan transportasi dan on-demand agar mereka dapat meningkatkan usahanya dengan menghadirkan fitur Waze ETA (estimated time arriving).

Fitur Waze Estimated Time Arriving (ETA) ini mampu memberikan tahap navigasi dan rute pilihan yang lebih optimal di dalam aplikasi Waze Transport SDK.

SDK tersebut bisa didapatkan secara gratis dengan cara mendaftar di situs resmi Waze. Dengan memanfaatkan SDK tersebut, perusahaan transportasi dan on-demand dapat menghubungkan langsung aplikasi buatannya dengan peta digital, lengkap dengan beberapa fitur milik Waze.

Aplikasi buatan perusahaan transportasi nantinya bisa dilengkapi dengan peta digital milik Waze.SDK dari Waze ini bisa menambahkan kemampuan untuk memperkirakan waktu perjalanan berdasarkan lalu lintas secara real-time dan juga lokasi data.

Transport SDK akan memberikan data yang belum pernah ada sebelumnya kepada mitra perusahaan transportasi. Data tersebut dipastikan akan memudahkan layanan navigasi dan mengurasi aktivitas bertukar aplikasi.

Fitur ini akan membuat aplikasi Waze menjadi lebih baik, lengkap dengan informasi real-time yang bisa dibagikan kepada pelanggan, semudah melihat status keberadaan kurir di peta.

Peta Waze akan terus meningkat kualitasnya jika ratusan ribu pengendara dari platform mitra ditambahkan ke dalam data 50 juta Wazers (sebutan pengguna Waze) yang sudah ada sebelumnya.

Di Indonesia, Waze mengklaim telah memiliki pengguna aktif di Jakarta mencapai 1,1 juta orang hingga akhir 2015 lalu yang naik dari 750.000 orang di tahun 2013 lalu.

Menurut Waze, saat ini sudah ada beberapa perusahaan transportasi yang sudah memanfaatkan SDK miliknya, seperti Lyft, Genesis Impulse, JustPark, Cornership, Cabify, dan 99Taxis.

Sementara di Indonesia, pihak Waze berharap layanan ini bisa terintegrasi dengan aplikasi seperti UBER, GO-JEK, dan HappyFresh.

Belum ada perusahaan asal Indonesia yang tercatat dalam daftar tersebut. Permintaan SDK dapat dilakukan melalui tautan www.waze.com/SDK.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: