Bagikan berita ini
Fitur baru Android N
Fitur baru Android N

HarianTI.com – Google akan memperkenalkan Android N pada ajang Google I/O 2016 yang akan digelar beberapa bulan ke depan.

Pada ajang tersebut, Google akan mengungkapkan mengenai Android N, yang dikabarkan telah dirancang dengan memiliki beragam fitur yang jauh lebih menarik serta beberapa perbaikan lainnya.

Masih belum ada kabar pasti apakah Android N akan disebut Nutella, Nauget, atau Nestle. Meski demikian, Hiroshi Lockheimer sebagai SVP Google petinggi divisi Android, Chrome OS dan Chromecast memberikan bocoran di situsnya perihal Android N.

Google juga telah merilis Android N developer Preview. Kini, para developer Android bisa mengunduhnya melalui pembaruan over-the-air (OTA).

Perangkat smartphone yang telah mendukung Android N preview akan tersedia untuk perangkat Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P. Nexus Player, Nexus 9, dan perangkat Pixel C.

Berikut fitur-fitur andalan terbaru Android N preview yang sudah dapat dicoba oleh para developer:

Multi-window (Split Screen Mode Multitasking) Android N

Fitur terbaru Android N yaitu Multi-windows (split screen mode) atau split view membagi layar. Memungkinkan pengguna untuk membuka atau menjalankan multitasking beberapa aplikasi sekaligus dan menampilkannya berdampingan dalam satu layar smartphone atau tablet.

Fitur split screen view multitasking pada Android N terbaru
Fitur split screen view multitasking pada Android N terbaru

Fitur split screen Android N yang mampu membagi layar ini akan diterapkan di seluruh perangkat Android. Developer juga bisa secara spesifik menentukan ukuran minimal dari tampilan layar untuk setiap aplikasi yang tampil.

Direct Replay (Membalas Pesan Langsung dari Notifikasi)

Fitur yang memungkinkan pengguna untuk membalas pesan yang masuk langsung dari notifikasi mudah tanpa harus meninggalkan tampilan notifikasi yang meuncul mirip seperti yang dilakukan di iOS 8.

Kemampuan membalas pesan dari notifiaksi Android N ini diadobsi dari fitur Android Wear yaitu The RemoteInput notification API kini juga dihadirkan dalam smartphone melalui Android N.

Fitur balas pesan langsugn dari notifikasi Android N
Fitur balas pesan langsugn dari notifikasi Android N

Selai itu, bagi developer peningkatan kemampuan fitur notifikasi Android N akan berguna untuk mengatur dan mengelompokkan yang disebut “Bundled notifications” notifikasi dari aplikasi yang sama. Dalam kelompok notifikasi yang sama akan ditampilkan dengans ebuah notifikasi saja. Ini akan berguna untuk aplikasi yang selalu mengirim notifikasi yang sangat banyak seperti Facebook dan sejenisnya.

Fitur Picture in Picture Android N

fitur picture in picture Android N
fitur picture in picture Android N

Dengan Picture in Picture (PIP) memungkinkan pengguna Android N untuk menampilkan popup video sambil membuka aplikasi lainnya. Dikatakan fitur ini akan sangat berguna pagi perangkat TV. Meski demikian lagi-lagi fitur Picture in Picture ini sudah hadir di iOS 9 setahun lalu yag terbatas pada iPad.

Fitur Night Mode Android N

Fitur night mode pada Android N
Fitur night mode pada Android N

Sempat diperkenalkan di versi Android M preview, fitur night mode sepertinya akan hadir di Android N yang berfungsi sebagai pengatur tingkat kecerahan cahaya layar yang lebih gelap saat pada siang hari. Fitur ini juga sudah dimiliki oleh iOS 9.3 yang membawa fitur night shift.

Fitur Pengatur Penghemat Baterai Doze Android N

Fitur mode Doze sudah ada pada versi Android Marsmallow namun pada Android N ini Google meningkatkan kemampuannya lebih baik dari sebelumnya. Doze akan mengatur penggunaan baterai dengan cara menghemat daya ketika layar dalam keadaan mati (standby).

Google juga berupaya keras untuk membuat aplikasi yang berjalan di latar belakang, lebih efisien dalam penggunaan memori. Hal ini akan akan sangat berdampak besar pada kinerja smartphone dengan hardware low-end.

Android N Dukung Java 8

Dengan Android’s Jack compiler pengembang bisa memanfaatkan berbagai fitur Java 8 language seperti default and static methods, streams, dan functional interfaces kini sudah tersedia dalam Android N.

Data Saver Penghemat Kuota Internet

Fitur ini  memungkinkan pengguna Android N untuk mengurangi penggunaan data pada aplikasi yang berjalan di latar belakang sekaligus mengurangi konsumsi data pada aplikasi yang sedang berjalan, dengan cara mengurangi bit rate streaming video, mengurangi kualitas gambar, dan metode lainnya.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: