Bagikan berita ini
ngompreng.com platform aplikasi ride sharing omprengan digital
Ngompreng.com aplikasi ride sharing omprengan digital

HarianTI.com – Berangkat dari masalah kemacetan kota Jakarta sudah sangat memprihatinkan. Pertambahan jalan tidak sebanding dengan pertumbuhan jumlah kendaraan. Pertumbuhan kendaraan mencapai 12 persen setiap tahunnya. Sedangkan pertumbuhan jalan hanya sekitar 0.01 % per tahun.

Belum lagi ditambah dengan menjamurnya kendaraan pribadi dikarenakan fasilitas transportasi pelayanan publik di Jakarta yang terbilang masih buruk. Mulai dari supir bus yang “ugal-ugalan”, angkot yang sering “ngetem”, waktu menunggu busway yang lama, hingga kereta KRL yang penuh sesak.

Dari permasalah tersebut di atas, ompreng.com hadir guna menjembatani gap antara pemilik kendaraan pribadi dan penumpang kendaraan umum. Ompreng.com merupakan ride sharing platform berbasis web dan mobile dimana pemilik kendaraan dapat menawarkan tumpangan kepada orang lain dan sebagai gantinya penumpang membayar “iuran perjalanan” kepada pengemudi.

Ompreng.com menawarkan jasa gratis dimana pemilik kendaraan (pemberi omprengan) dan penumpang (pencari omprengan) dapat berkomunikasi secara langsung untuk pengaturannya seperti rute, meeting point dan besaran iuran perjalanan.

Untuk menggunakan platform ini, setiap pengguna wajib membuat User Account dan mengisi data diri sesuai dengan apa yang diminta oleh ompreng.com. Secara terperinci, user akan diminta untuk mengisi nama, umur, jenis kelamin, nomor telepon, alamat rumah, email, profile picture, tipe dan nomor kendaraan. Website ini tarbatas hanya untuk umur 18 tahun ke atas.

Setelah terdaftar, user dapat memilih find ride untuk mencari omprengan atau offer ride untuk memberi omprengan. Jika memilih find ride, user dapat memasukan data asal dan tujuan perjalanan beserta tanggal keberangkatan. Para pencari omprengan dapat menggunakan fitur radius (1km, 5km, 10km, sampai 50km) sehingga memungkinkan pencarian lebih flexible berdasarkan koordinat radius yang dimasukan.

Dengan fitur radius ini, jika pencari omprengan tidak mendapatkan hasil tepat sesuai asal/tujuan perjalanan, setidaknya mereka bisa mendapat lokasi terdekat sesuai dengan destinasi yang dimasukan.

Selain itu ada juga fitur advance filter dimana hasil pencarian dapat disaring berdasarkan waktu keberangkatan, jenis kelamin dan ada tidaknya profile picture. Jadi bagi para wanita yang ingin melakukan perjalanan antara wanita saja, bisa memilih filter gender female agar hasil pencarian yang dihasilkan hanya wanita saja

Pada menu Offer a Ride, pemberi omprengan memasukkan asal dan tujuan perjalanan, jam serta waktu keberangkatan, jumlah kursi yang ditawarkan dan juga besarnya iuran perjalanan. Di kolom ride detail, pemberi omorengan dapat menulis rute yang dilalui, meeting point serta toleransi waktu tunggu.

“Kami memudahkan para pemberi omprengan dengan adanya fitur “Round Trip” dan “Repeat”. Round trip ditujukan bagi mereka yang melakukan perjalanan bolak-balik untuk asal dan tujuan yang sama. Sedangkan repeat (Senin – Minggu) dikususkan bagi mereka yang melakukan perjalanan berulang seperti pergi dan pulang kantor yang dilakukan Senin sampai Jumat,” jelas Ary Setiyono, pendiri dan CEO Ompreng.com dalam keterangannya pada HarianTI.com.

Sehingga cukup sekali post saja, offer anda terposting selama sebulan dalam website ompreng.com. Semua postingan pemberi omprengan akan masuk ke menu “Offer list”. Postingan / trip yang sudah lewat akan otomatis terhapus oleh sistem. Sehingga pencari omprengan akan selalu mendapatkan data terupdate.

“Kami sangat optimis aplikasi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat nantinya. Dalam tiga tahun kedepan, kami memiliki target 1 juta download user,” ungkap Ary.

Dirinya juga mengeklaim Dedgan jumlah perjalanan yang mencapai 26 juta trip perhari di Jakarta, aplikasi ini sangat cocok guna mengurangi kemacetan di kota besar seperti Jakarta.

Untuk saat ini, aplikasi ini dapat di unduh di play store dan di akses melalui mobile browser di www.ompreng.com.

 

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: