Bagikan berita ini
openSUSE.AsiaSummit 2016 UIN Sunan Kalijaga Jogja
openSUSE.AsiaSummit 2016 UIN Sunan Kalijaga Jogja – Dok. opensuse.idSunan Kalij

HarianTI.com – Kabar terbaru datang dari dunia Open Source tanah air. Setelah sebelumnya sempat digelar di Beijing, China, 2014 dan Taipei, 2015 perhelatan akbar openSUSE.Asia Summit 2016 akan hadir di Indonesia.

Indonesia akan menjadi tuan rumah openSUSE.Asia Summit 2016 Indonesia yang tepatnya diselenggarakan di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga di Yogyakarta. openSUSE.Asia Summit 2016 ini merupakan acara openSUSE Summit ketiga.

Informasi tersebut diumumkan langsung oleh Manu Gupta, Contributor openSUSE Project melalui halaman resmi opensuse.org.

“Dengan senang hati kami mengumumkan openSUSE.Asia Summit ketiga. openSUSE.Asia Summit 2016 akan diselenggarakan di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga di Yogyakarta, Indonesia tanggal 1 dan 2 Oktober 2016,” tulis Manu Gupta dalam keterangan resminya.

Namun panitia di Indonesia akan membuka event tersebut mulai tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2016 mendatang.

Seperti tahun sebelumnya, openSUSE summit merupakan event yang mempertemukan antara kontributor dan pengguna openSUSE. Di sini peserta bisa saling berbagi pengalaman, belajar teknologi perangkat lunak bebas dan open source dan juga sesi networking.

Acara ini juga akan dihadiri oleh kernel hacker dan open source developer sekaligus diisi dengan workshop dan talkshow.

Ada sejumlah poin penting yang menjadi tujuan dari diselenggarakannya di Yogyakarta ini.

Pertama, mempromosikan sistem operasi Linux openSUSE di Indonesia dan Asia secara umum untuk lebih banyak menarik minat pengguna maupun kontributor khususnya di Indonesia.

Kedua, mempertemukan semua pengguna openSUSE di Indonesia dan Asia secara umum untuk saling membangun network dan kolaborasi. Ketiga, adalah memperluas penetrasi pengguna di lingkungan bisnis dan pemerintahan di Indonesia dengan menawarkan variasi solusi dan layanan dari openSUSE dan komunitasnya.

Terakhir, openSUSE.Asia Summit 2016 Indonesia bertujuan untuk menginspirasi masayarakat di Indonesia tentang perananan teknologi FLOSS (Free/Libre and Open-Source Software).

Manu Gupta menambahkan bahwa event ini diharapkan bisa menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman terkait teknologi open source.

Panitia openSUSE.Asia Summit 2016 Indonesia mengajak masyarakat untuk berkontribusi dalam event ini , antara lain dengan cara:

  1. Anda bisa mengajukan diri menjadi panitia lokal, silakan kirim email ke estu[at]opensuse[dot]id dengan subyek : panitia lokal openSUSE.Asia Summit 2016
  2. Sponsorship, kita butuh donasi anda, atau anda juga bisa membantu kami mendapatkan sponsor.
  3. Buatlah tulisan untuk disertakan dalam call for papers di bit.ly/openSUSEAsiaSummit2016
  4. Mengikuti acara ini, catat tanggalnya 30 September – 2 Oktober 2016 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Akan segera dibuka pendaftaran, tunggu pengumuman selanjutnya.

Sayang jika perhelatan akbar ini sampai Anda lewatkan begitu saja.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: