Bagikan berita ini
Pahlawan Muda Apps Challenge Code for Vote 3.0 kompetisi aplikasi pemilu surabaya 2015
Pahlawan Muda Apps Challenge Code for Vote 3.0 kompetisi aplikasi pemilu surabaya 2015

HarianTI.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya bekerja sama dengan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menggelar kompetisi aplikasi pemilu Pilkada Surabaya 2015 yang bertajuk Pahlawan Muda Apps Challenge, Code for Vote 3.0.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU bersama. Penandatanganan Mou ini bertujuan untuk melanjutkan upaya keterbukaan data dan informasi dengan meningkatkan keterbukaan informasi menjelang pilkada serentak.

MoU tersebut sebagai tindak lanjut yang dibuat oleh KPU RI dan Perludem tentang akses atau implementasi data terbuka, sosialisasi, dan pendidikan pemilih. Sosialisasi mengenai keterbukaan informasi

Muda Apps Challenge merupakan komitmen KPU Kota Surabaya dalam keterbukaan data dan informasi untuk mendorong perluasan partisipasi Pilkada 2015.

Menurut Ketua KPU Surabaya, Robiyan Arifin mengatakan “Perlombaan ini adalah perlombaan yang pertama kali dilakukan di Indonesia oleh jajaran penyelenggara Pemilu dengan menggunakan prinsip Open Data,”

Data terbuka yang dimaksud adalah data yang secara bebas dapat digunakan dan didistribusi ulang, termasuk dipadukan dengan kumpulan data lainnya.

Bagi Perludem, perlombaan pembuatan aplikasi di Kota Surabaya dapat menyebarkan antusiasme open data kepada developer-developer di banyak wilayah dan tidak hanya berfokus di Jakarta dan sekitarnya.

“Sebelumnya, partisipasi dari kalangan programmer komputer dan IT developer IT  serta pegiat open data sangat tinggi saat Perludem menyelenggarakan  kompetisi Aplikasi Pemilu, yang telah dua kali diselenggarakan sebelum momen Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2014 lalu,” ucap Direktur Eksekutif  Perludem, Titi Anggraini  di Surabaya (13/10).

Untuk mengakses data-data dalam bentuk API ini dapat menuju ke http://pemiluapi.org atau langsung ke web KPU Kota Surabaya (www.kpu-surabayakota.go.id).

Agenda Event Pahlawan Muda Apps Challenge  Code for Vote 3.0

Serangkaian kegiatan yang akan dilakukan sejak peluncuran yang dilakukan hari ini, yaitu pendaftaran dan pengumpulan aplikasi sejak 13 hingga 23 Oktober 2015, kemudian penjurian tahap awal oleh KPU Kota Surabaya dan Perludem untuk memilih 30 tim terbaik mulai dari 23 Oktober 2015-28 Oktober 2015.

Selanjutnya, pengumuman 30 tim terbaik akan diumumkan tepat pada hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2015, untuk selanjutnya mengikuti kegiatan penjurian semifinal dan final pada tanggal 1 November 2015.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: