Bagikan berita ini
aplikasi mcity Promosi dan Branding Pariwisata Daerah Memanfaatkan Teknologi Mobile
M Aditya Arief Nugraha, Dirut Gamatechno dalam sharing session Promosi dan Branding Pariwisata Daerah Memanfaatkan Teknologi Mobile –

HarianTI.com – Berkembangnya teknologi mobile seperti smartphone kini perlahan mulai mengubah lifestyle masyarakat dalam mencari informasi. Misalnya saat mencari detail informasi lokasi wisata suatu daerah, pengunjung cukup mengaksesnya melalui aplikasi pada smartphone.

Berangkat dari fakta tersebut, PT Gamatechno Indonesia (Gamatechno) 25/2/2016 di Hotel Cakra Kembang Yogyakarta mengadakan sharing session dengan tema Promosi dan Branding Pariwisata Daerah Memanfaatkan Teknologi Mobile yang dihadiri oleh sekitar 12 Dinas Pariwisata dari wilayah Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dan menghadirkan Drs. Budy Sartono, M.Si, selaku Kepala Bidang Pelestarian, Promosi, dan Kerjasama dari Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Surakarta dan Praktisi TI Bidang Smart Government, Taufik Suryawan Edyna.

Dalam sharing session tersebut dibahas mengenai strategi promosi dan branding serta media informasi digital kepariwisataan daerah berbasis mobile.

Pemanfaatan teknologi mobile dirasa perlu sekali sebagai amunisi pemasaran untuk membangun kredibilitas suatu daerah kepariwisataan dan membangun hubungan emosional dengan wisatawan.

Disamping itu, Dinas Pariwisata daerah punya peran penting untuk membantu pelaku bisnis pariwisata daerah dalam mempromosikan berbagai potensi wisata daerahnya, baik itu tempat wisata maupun kuliner.

mCity Tawarkan Solusi Promosi dan Branding Pariwisata Daerah

Inilah solusi yang sedang ditawarkan oleh aplikasi mCity Gamatechno sebagai aplikasi mobile direktori pariwisata pada platform Android. Aplikasi pariwisata mCity mampu memberikan panduan wisata yang lengkap dan mudah diakses dari mana saja dan kapan saja.

Di sisi lain, mCity juga dikembangkan untuk memfasilitasi kebutuhan pemerintah kota sebagai media promosi dan branding dalam bentuk direktori yang lengkap dan akurat mengenai potensi wisata sebuah kota.

Dengan menggunakan aplikasi mobile mCity, wisatawan dapat menggali informasi seputar tujuan wisata bahkan sebelum mereka berangkat. Di samping itu, aplikasi mobile juga dapat dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti: event reminder yang akan mengingatkan wisatawan tentang berbagai event dan agenda menarik di kota tujuan wisata; fitur Geofencing, yang akan memberikan rekomendasi dan saran objek dan fasilitas wisata terdekat yang dapat dikunjungi berdasarkan lokasi wisatawan. Bahkan saat ini virtual tour ke tempat wisata dimungkinkan dengan adanya teknologi virtual reality yang menggunakan kemampuan foto 360 derajat.

Untuk memberkan pengalaman di lingkungan pemerintah, Gamatechno memberikan free mCity selama 6 bulan kepada seluruh Dinas Pariwisata yang hadir dalam acara sharing session ini.

Pemanfaatan aplikasi mobile untuk keperluan promosi dan branding kepariwisataan ini termasuk dalam salah satu solusi Smart City yang ditawarkan oleh Gamatechno.

Solusi Smart City dari Gamatechno diharapkan dapat ikut serta dalam menciptakan kenyamanan bagi pengguna, memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pengguna, serta dapat mewujudkan konsep kota-kota cerdas di Indonesia.

Gamatechno adalah perusahaan yang memiliki fokus bisnis pengembangan berbagai solusi untuk Smart City. Gamatechno mengadakan sharing session secara rutin beberapa kali dalam setahun dengan tujuan berbagi pengalaman dan ilmu dalam pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi di berbagai institusi perguruan tinggi, pemerintahan dan pelaku usaha.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: