Bagikan berita ini
Tim Kerjabilitas.com saat mengikuti Google Launchpad Accelerator
Tim Kerjabilitas.com saat mengikuti mentoring Google Launchpad Accelerator Januari 2016, di Mountain View

HarianTI.com – Pendaftaran gelombang kedua program Google Launchpad Accelerator Indonesia sudah dibuka untuk startup lokal tanah air. Google Lunchpad Accelerator adalah program Google untuk mendukung dan mempercepat pertumbuhan startup di negara berkembang.

Sebagai bagian dari Google Developers, Google Launchpad Accelerator gelombang pertama hanya diadakan di tiga negara yakni Indonesia, India dan Brasil.

Gelombang pertama 26 Januari 2016 lalu, Launchpad Accelerator telah sukses diikuti oleh sebanyak 24 startup dari tiga negara tersebut, 8 diantaranya terpilihlah startup lokal asal Indonesia Kerjabilitas, Setipe, Jojonomic, Kurio, eFishery, HarukaEdu, Seekmi dan Kakatu.

Sementara itu, untuk gelombang kedua ini Google menambahkan Meksiko sebagai negara yang bisa mengikuti program pengembangan startup dari Google ini.

Memasuki batch kedua Google Launchpad Accelerator yang diresmikan pembukaannya Kamis, 3/3/2016 di Panin Building, Erica Hanson, Developer Relations Program Manager, Southeast Asia, Google menjelaskan untuk gelombang kedua ini pihaknya akan mencari 5 startup dari Indonesia.

“Kami mencari startup yang telah cukup matang dan telah memiliki aplikasi mobile. Bila belum, itu tidak menjadi masalah,” kata Google Developer Relations Program Manager Southeast Asia, Erica Hanson.

Disampaikan Erica, melalui program Launchpad ini Google mencari startup yang memiliki produk berkualitas dan cocok dengan pasar yang dituju, tim yang andal dan kuat, serta produk yang menjadi solusi permasalahan sekitar dengan cara yang unik.

Masih menurut Erica, program ini merupakan agenda jangka panjang yang dimiliki Google dalam rangkaian rencana melatih 100 ribu pengembang aplikasi seluler Indonesia hingga 2020 mendatang.

8 Startup Indonesia  google Launchpad Accelerator
Erica Hanson Developer Relations Program Manager, Southeast Asia, Google bersama 8 Startup Indonesia

Mengapa Harus Mengikuti Google Launchpad Accelerator ?

Selama 2 minggu, startup yang terpilih akan mendapatkan pendampingan langsung dari mentor Google di Mountain View, markas Google dalam sesi bootcamp.

Para startup akan mendapatkan pelatihan dari teknisi Google mulai dari cara monetisasi, pengembangan pasar, marketing dan cara membangun bisnis yang sukses.

Mendapat banyak inspirasi dan insight, mulai dari soal produk, teknologi, UI/UX, sampai pemasaran. Strategi untuk mengoptimalkan platform Google seperti Google Play.

Selain itu, seluruh startup Google Launchpad juga akan mendapat pendanaan ekuitas dari Google sebesar $50.000 (atau sekitar Rp670 juta).

Selain itu, mereka pun akan mendapatkan pembinaan berkelanjutan selama enam bulan, serta akses ke berbagai layanan Google senilai $250.000 (atau sekitar Rp3,35 Miliar).

Pendaftaran program Google Launchpad Accelerator gelombang kedua dibuka hingga tanggal 31 Maret 2016 dan akan dilaksanakan pada bulan Juni 2016 nanti untuk berguru kepada Google.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: