Bagikan berita ini
Pilkada Serentak Apps Challenge Code for Vote 4.0
Pilkada Serentak Apps Challenge Code for Vote 4.0 KPU dan Perludem

HarianTI.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyelenggarakan “Pilkada Serentak Apps Challenge Code for Vote 4.0.” Inovasi ini terbentuk sebagai wujud implementasi MOU antara KPU dan Perludem tentang akses/implementasi data terbuka, sosialisasi, dan pendidikan pemilih.

Pilkada Serentak Apps Challenge merupakan perlombaan aplikasi yang diadakan oleh KPU RI dan Perludem dalam hal keterbukaan informasi mengenai data-data pemilu.

Perlombaan ini dapat diikuti bagi siapa saja yang ingin menghasilkan karya aplikasi untuk membantu masyarakat dalam event pilkada serentak 2015 ini. Aplikasi yang dibuat harus berhubungan dengan Pilkada Serentak 2015.

Dari informasi yang dikirmkan kepada HarianTI.com, kompetisi Apps Challenge Code for Vote 4.0 dibuka perpanjangan waktu pendaftaran hingga 6 November 2015 pukul 12:00 wib melalui halaman berikut ini.

Kemudian, untuk aplikasi yang masuk 50 besar akan diumumkan di website www.kpu.go.id, www.perludem.org, www.rumahpemilu.org pada tanggal 7  November 2015 pukul 10:00 WIB . Selanjutnya tahap penjurian akan dilaksanakan di KPU RI Jakarta pada tanggal 8 november 2015.

Di acara final, para developer diberikan waktu untuk menyelesaikan prototype yang telah mereka buat sebelumnya. Satu hari penuh akan digunakan untuk finalisasi prototype yang dibuat, penilaian, penjurian tahap kedua, dan pengumuman pemenang perlombaan Pilkada Serentak Apps Challenge Code for Vote 4.0. Launching pemenang aplikasi tersebut akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2015.

“Sebagaimana yang dihasilkan dalam perlombaan aplikasi pemilu sebelum Pileg dan Pilpres, kami harap semakin banyak aplikasi-aplikasi yang dihasilkan anak bangsa yang dapat membantu penyelenggara dalam menyosialisasikan profil calon, maupun data lainnnya  yang terkait pilkada. Selain itu, diharapkan pula, pemilih dapat menjadi  pemilih berdaya dalam menentukan siapa yang akan memimpin daerah mereka” ujar Titi Anggraini Direktur Eksekutif Perludem.

Kompetisi pembuatan aplikasi tingkat nasional ini dapat diikuti perorangan atau kelompok maksimal 5 orang dan dapat mengirimkan karya aplikasinya lebih dari satu. Adapun kategori yang diperlombakan dalam Pilkada Serentak Apps Challenge ini terdiri dari kategori umum (juara 1, 2, dan 3). Selain itu, terdapat dua kategori khusus yaitu Female Apps (perempuan) dan Disability Apps(disabilitas).

Seluruh peserta baik dari kategori umum maupun khusus harus membuat aplikasi bertemakan Pilkada Serentak 2015. Para peserta diberikan kebebasan untuk memilih platform aplikasi yang akan dibuat bisa berbasis Website, dan Desktop, ataupun mobile platform seperti Android dan iOS.

Data Data Pilkada sudah tersedia dalam format API (Application Programming Interface) yang bisa kamu akses dihalaman http://developer.pemiluapi.org/  atau mengakses dataset dalam format CSV di Github API Pemilu.

Total Hadiah dari Perlombaan ini mencapai 50 tuta Rupiah dibagi 6 pemenang dari Tim / Individu, 6 pemenang diambil dari Setiap nominasi juara 1,2, dan 3 ditambah 3 kategori lagi perempuan, disabilitas dan digitalisasi scan C1.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: