Bagikan berita ini

Kerjasama Kementerian Perdagangan dengan Google dan AlibabaHarianTI.com – Niat pemerintah untuk terus mendukung UKM pun tak main-main dan terus diupayakan secara kontinu. Saat ini Pemerintah melalui Kementrian Perdagangan (Kemendag) tengah menjalin kerjasama dengan Google dan Alibaba.com.

Google dan Alibaba dilirik Kemendag untuk membantu agar produk UKM Indonesia go global atau UKM Goes Digital.

Kerjasama dengan Google adalah dengan memanfaatkan platform Google AdWords dalam hal pemasangan iklan produk dari UKM Indonesia untuk meningkatkan lalu lintas jual beli, promosi hingga traffic.

“Kerjasama dengan Google dalam bentuk pemasangan iklan produk-produk nusantara dalam Google AdWords,” kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Nus Nuzulia Ishak.

Menggunakan platform Google AdWord untuk promosi memang dikenai sejumlah biaya yang harus dibayarkan. Untuk hal ini pihak Kemndag masih melakukan lobi-lobi harga dengan Google.

“Sekarang masih negosiasi dengan Google soal harga dan akan ditayangkan di mesin pencari negara mana saja,” ungkap Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Nus Nuzulia Ishak.

Sementara kerjasama dengan Alibaba dimaksudkan untuk membantu memasarkan produk makan dan minuman Indonesia baik secara Business to Business (B2B) ataupun Business to Consumer (B2C).

Kerjasama Kemendag dan Alibaba, nantinya akan diwujudkan dalam bentuk sertifikasi jaminan keamanan makanan dari Indonesia kepada UKM. Bahkan, beban pajak atau bea masuk tidak dikenakan.

Ditargetkan kerjasama dengan situs Alibaba tersebut bisa meraih nilai perdagangan pada 2016 sebesar US $10 juta dan US $ 50 juta 2017 mendatang

Alibaba dianggap memiliki solusi dan insight e-commerce yang cukup dan tepat untuk menangani UKM pada sektor ini.

Untuk tahap awal, Kemendag mentargetkan setidaknya harus sudah ada 10 UKM Indonesia dengan produknya yang sudah lolos seleksi sertifikasi dari Alibaba. Saat ini juga tengah dipetakan produk-produk yang akan dipasarkan, termasuk milik para UKM.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Sire Agustina mengungkapkan penjualan melalui e-Commerce seperti yang dikerjasamakan dengan Alibaba ini bisa memperluas akses UKM Indonesia ke pasar Internasional.

Mekanisme untuk mengikuti program UKM Goes Digital ini, cukup melakukan proses registrasi oline untuk mendapatkan identitas. Proses lainnya adalah validasi legalitas dan jaminan kualitas produk untuk menjami perlindungan kepada konsumen.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: