Bagikan berita ini
VoLTE layanan suara berbasis 4G LTE
Christian Daigneault, CTO Smartfren, menjelaskan soal VoLTE, layanan suara berbasis LTE

HarianTI.com – Bersamaan dengan diumkannya penambahan jangkauan 4G LTE Advanced di 85 kota, Smartfren akan segera menghadirkan layanan VoLTE (Voice over LTE) untuk masyarakat.

Menurut Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, teknologi VoLTE yang akan diterapkan ini merupakan peningkatan dari teknologi voice yang dimiliki Smartfren sebelumnya.

VoLTE merupakan layanan yang berbasis pada jaringan IP Multimedia Subsystem (IMS), dengan menggabungkan LTE dan GSMA. Pendekatan ini menghasilkan layanan suara menggunakan paket data LTE.

Karena berbasis data akses internet, VoLTE diklaim mampu menghasilakn suara berkualitas dan jenih yakni voice HD jika dibandingkan dengan panggilan suara 2G/3G.

Meski panggilan suara dilayani menggunakan jaringan data, tetapi saat melakukan panggilan, sistem bisa mengenali panggilan

Untuk permulaan, Smartfren akan menggelar layanan VoLTE tersebut dengan memberikan tarif promo.

“Kami juga akan membuat tarif promo karena VoLTE merupakan sesuatu yang baru bagi mereka. Jadi harus bertahap,” ujar Sukaca

Mendukung segera dihadirkannya layanan suara berbasis internet VoLTE, Smartfren juga membuat aplikasi yang dapat dimanfaatkan VoLTE untuk memungkinkan pelanggan melakukan komunikasi panggilan suara sampai panggilan video berbasis data.

Smartphone SmartFren Pendukung VoLTE

Untuk dapat menikmati teknologi tersebut, perangkat yang dipakai pelanggan yang menerima dan melakukan panggilan harus mendukung fitur Voice HD.

Lebih lanjut, Smartfren juga akan menghadirkan pembaruan (upgrade) untuk lini smartphone Andromax 4G secara bertahap.

Smartfren juga akan segera meluncurkan ponsel 4G yang mendukung VoLTE dan teknologi carrier agregation di kisaran harga Rp 1-2 jutaan kuartal I 2016.

Sementara ini smartphone Smartfren yang sudah mendukung VoLTE adalah seri Andromax 4G itu punbaru Andromax R.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: