Bagikan berita ini

Tujuh Game Developer Lokal Bersama Tren Micro Hadirkan Safe Gaming AllianceHarianTI.com – Game developer lokal Indonesia bersama Tren Micro sepakat bekerjasama bentuk Safe Gaming Alliance untuk mengatasi ancaman mobile malware serta diharapkan dapat menciptakan lingkungan permainan mobile game yang aman.

Ketujuh game developer lokal tersebut yaitu Toge Productions, Educa Studio, AMP Production, Mint Sphere, Arcane Factory, Gumi dan Sinergi Studio

Menurut CEO Educa Studio Andi Taru, penandatangan ini dapat meningkatkan kepercayaan pengguna yang sebenarnya adalah orang tua, kemudian baru anak. Seperti yang kita ketahu, Educa Studio sendiri selama ini selalau mengembangkan game untuk anak-anak yang memiliki nilai pendidikan sehingga faktor keamanan tentu menjadi perhatian sendiri.

Direktur dan Co-Founder Mintsphere Wilson Tjandra pun mengemukakan hal yang serupa. Ia ingin aplikasinya terlindungi dari “pop-up” yang memiliki konten dewasa. “Dengan ini kami dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman ke pemain remaja dan aplikasi kita dapat terlindungi,” ungkapnya.

Sementara itu CEO dan Co-Founder Toge Productions Kris Antoni mengatakan, “Sangat senang sekali bisa bekerja sama, ke depannya kita bisa terus menjalin kerja sama dan memproteksi aplikasi anak bangsa sehingga bisa ke kancah dunia.” Sekedar informasi saja, aplikasi game dari Toge Productions sendiri ada yang sempat dibajak oleh pengembang game dari negara lain.

Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia (AGI) Andi Suryanto memprediksi perkembangan game di Indonesia akan tumbuh 30% di tahun 2015 ini.

“Ranah mobile gaming telah menjadi salah satu segmen yang paling berkembang dengan peningkatan hingga lebih dari 60 persen dari beberapa tahun ini,” jelas Terrece Tang, Senior Director Consumer Bisnis APAC Trend Micro.

“Tetapi peningkatan segmen ini juga sekaligus meningkatkan bahaya akan malware. Bahkan, saat ini secara global terdapat 4,37 juta aplikasi yang dicurigai mengandung malware,” tambah Terrece Tang.

Untuk mengatasi serangan malware pada aplikasi mobile game, Trend Micro telah memberikan aplikasi gratis yang dapat diunduh di perangkat mobile, baik smartphone maupun tablet, yang bernama aplikasi Dr. Safety.

Aplikasi ini selain mampu melakukan scan terhadap perangkat mobile, juga mampu memberikan peringatan ketika aplikasi yang telah selesai diunduh ternyata mengandung malware yang berbahaya sehingga pengguna bisa lebih berhati-hati dan tidak langsung membukanya.

Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: