Bagikan berita ini
Universitas Mercu Buana Digital Forensic
Digital Forensic

HarianTI.com – Jika berbicara soal kasus kejahatan cyber maka upaya yang sudah semestinya dilakukan dalam mendukung terungkapnya kasus tersebut adalah kegiatan investigasi IT forensic secara mendalam terhadap barang bukti digital.

Untuk itu diperlukanlah pendekatan dengan ke ilmuan IT Digital Forensic atau Digital Forensic (Computer Forensic). Digital Forensic adalah salah satu subdivisi dari ilmu forensik yang melakukan pemeriksaan dan menganalisa bukti legal yang ditemui pada komputer dan media penyimpanan digital, misalnya seperti flash disk, hard disk, CD-ROM, pesan email, gambar, atau bahkan sederetan paket atau informasi yang berpindah dalam suatu jaringan komputer.

Untuk lebih lengkapnya apa dan seperti apa tahapan-tahapan sebuah IT forensic harus dilakukan, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Workshop IT Forensic dengan tema utama Basic Digital Forensic

Materi yang akan dibahas mendalam dalam Workshop IT Forensic kali ini adalah

1. Priciples of digital forensic
2. Write protect for evidence preservation
3. Hasing for evidence authentcation
4. Time stamp analysis
5. Forensic imaging for evidence acqusition

Sebagai pematerinya pun adalah pakar di bidang IT forensic yang selama ini menagani kasus-kasus yang membutuhkan pendekatan forensic digital dalam penanganannya.

1. AKBP, Muhammad Nur Al Azhar ( Puslabfor Polri)
2. Vicky (Pakar IT security Indonesia)

Menurut informasi, workshop forensic digital ini akan diselenggarakan pada 20 Februari 2016 pukul 08:00 wib. Lokasi, Ruang C203, Fasilkom, Gedung C, Lt 2, Universitas Mercu Buana.

Bagi peserta yang ingin mengikuti workshop digital forensic ini , pendaftaran dapat dilakukan di TU Fasilkom. Gedung C, Lt 2, Universitas Mercu Buana dengan investari Rp 250 ribu.

Kontak info pendaftaran dapat menghubungi, Afiyati 0812 9074 2886

Workshop IT Forensic Digital Universitas Mercu Buana
Workshop IT Forensic Digital Universitas Mercu Buana
Bagikan berita ini

Silakan Komentar Anda: